Kapan Sebaiknya Migrasi Hosting ?

Hosting adalah salah satu aspek yang paling penting dalam pembuatan website. Dengan banyaknya penyedia layanan dan beragam jenis hosting di pasaran, mungkin akan membingungkan anda dalam mencari hosting yang cocok dan terbaik untuk situs website anda. Jangan sampai anda salah memilih penyedia layanan dan mengharuskan untuk melakukan migrasi hosting.

Adakalanya anda harus berpindah dari satu layanan hosting ke layanan lainnya yang memiliki kualitas dan pelayanan lebih baik. Migrasi hosting ini tidak lain adalah untuk kebaikan bisnis anda juga. Bagaimana bisa bisnis anda akan berjalan dengan lancar jika anda memiliki masalah pada website anda, dimana bisnis anda tergantung pada aktifitas website.

Kapan Migrasi Hosting ?

Migrasi Hosting
Masalah pada server hosting bisa menuurnkan trafik. Sumber Unsplash

Beberapa masalah yang terjadi pada situs website anda meskipun hanya sementara waktu terkadang sangat mengganggu. Bahkan yang lebih menyebalkan laagi adalah, ternyata masalah ini bukan berasal dari kesalahan anda sendiri. Namun ternyata penyedia layanan hosting yang memberikan pelayanannya dengan kurang bagus.

Inilah alasan mengapa anda harus segera migrasi hosting.

1. Website Tidak Tersedia Ketika Diakses

Setiap kali situs web tidak muncul ketika diakses, maka situs website tersebut bisa dikatakan mengalami ‘down’. Meskipun situs anda hanya tidak bisa diakses selama beberapa detik, namun hal ini menjadi gambaran buruk bagi pengguna internet, khususnya mereka yang mendapatkan alamat anda di mesin pencari.

Jika kejadian seperti ini terjadi berulang kali, pengguna akan menganggap bahwa anda tidak bisa diandalkan saat dibutuhkan. Algoritme Google akan mendeteksi hal ini dan yang lebih fatal adalah peringkat mesin pencari akan turun sehingga merusak visibilitas situs anda.

Belum lagi jika situs website anda mampu menghasilkan uang dari peredarannya di internet. Tentu anda akan kehilangan pedapatan di periode waktu gangguan tersebut.

Hosting web adalah salah satu penyebab paling umum dari gangguan tersebut. Ada beberapa sebab yang menjadikan gangguan seperti kualitas dan keandalan peralatan hosting buruk, server kelebihan beban, fitur kemamanan tidak handal sehingga terjad serangan yang menyebabkan situs down dan sebagainya.

Jika anda mengalaminya karena kesalahan penyedia layanan hosting, anda bisa melakukan migrasi hosting.

2. Lambatnya Kecepatan Memuat Situs

Salah satu pengaruh SEO adalah kecepatan sistem dalam memuat situs anda. Pemuatan dengan cepat ternyata akan menghasilkan peringkat SEO yang bagus. Selain itu kecepatan pemuatan situs juga berpengaruh pada pengalaman pengguna dan juga tingkat konversi.

Sebaiknya uji kecepatan situs anda sesekali menggunakan alat seperti Google PageSpeed ​​Insights atau Pingdom untuk memastikan waktu pemuatan situs anda tetap cepat.

Server yang ramai kunjungan pasti dapat memperlambat waktu pemuatan situs anda, selain itu lokasi server juga berperan dalam tingkat kecepatan situs anda mengirimkan informasi kepada pengunjung. Server yang terletak jauh dari pengguna tidak dapat menyajikan konten dengan cepat.

Cara mudah untuk menentukan apakah ini yang terjadi pada situs web anda adalah dengan menggunakan Pingdom. Perangkat ini digunakan untuk menguji kecepatan situs anda dari berbagai lokasi. Jika situs anda memuat dengan cepat dari beberapa tempat namun membutuhkan waktu lama untuk memuat di tempat tertentu, maka anda akan tahu lokasi server menyebabkan masalah kecepatan pemuatan website di wilayah tersebut.

Jika penyedia layanan hosting anda hanya memiliki server di satu lokasi saja dan tidak menawarkan Jaringan Pengiriman Konten (CDN), maka bisa dipastikan sebagian pengguna situs anda akan mengalami kecepatan situs yang kurang ideal di lokasi tertentu. Mungkin ada baiknya mencari penyedia layanan hosting lebih dari satu dengan lokasi berbeda, atau yang menawarkan CDN.

3. Layanan Pelanggan Tidak Baik

Seharusnya komunikasi antara suatu penyedia layanan dengan klien harus berjalan dengan baik. Anda sebagai klien penyedia layanan hosting harus bisa menghubungi penyedia layanan yang anda gunakan dengan cepat untuk menyelesaikan masalah dan membuat situs anda kembali normal. Selain komunikasi masalah teknis, anda sebenarnya juga perlu mengetahui jumlah tagihan dan informais lainnya.

Penyedia layanan hosting yang baik tentu memberikan pelayanan yang baik pula kepada konsumen, dalam hal ini anda. Jangan sampai adna mendapatkan tanggapan yang lelet, tidak segera sehingga website anda mengalami eror dalam jangka waktu agak lama.

Jika penyedia layanan anda sulit untuk dihubungi, tidak memberikan solusi yang memadai, atau tidak menawarkan dukungan layanan yang anda pakai, pertimbangkan untuk beralih ke penyedia layanan hosting baru.

Meskipun anda mungkin bisa bertahan, jika menggunakan CMS WordPress tanpa dukungan pelanggan yang berkualitas, pada titik tertentu, anda terpaksa harus menghubungi seseorang untuk mendapatkan bantuan terkait masalah server. Jadi anda pasti menginginkan seseorang yang benar-benar mampu memberikan solusi di belakang anda, dan penyedia layanan tidak memberika hal tersebut..

4. Membutuhkan Lebih Banyak Ruang

Sebagian besar situs web dimulai dari yang kecil dan tumbuh membesar seiring waktu. Jika anda membuka situs pertama kali maka mungkin anda tidak akan mendapat masalah dengan penyedia layanan hosting manapun. Namun jika situs anda mulai membesar dan mendapatkan banyak kunjungan maka anda harus berpikir lebih jauh.

Saat situs anda  memiliki kemampuan mengumpulkan lebih banyak pengguna dan mereka mau datang lagi, anda memerlukan server yang dapat menangani lebih banyak lalu lintas serta file situs web yang lebih banyak dan lebih besar. Migrasi dari shared hosting ke dedicated server dapat membantu, tetapi migrasi hosting ke penyedia layanan lan kadang pilihan terbaik. Anda bisa memilih paket hosting yang cocok dengan website anda yang sudah membesar. Untuk mengetahui apa itu hosting shared atau dedicated, anda bisa menyimak artikel lainnya di web ini.

5. Melakukan Penghematan

Dalam pembiayaan web hosting akan dikenakan secara berkala, biasanya tahunan atau bulanan. Terkadang menyewa paket hosting adalah pengeluaran terbesar yang berkaitan dengan aktifitas menjalankan situs web. Berbagai macam CMS seperti WordPress yang bekerja dengan CMS, plugin dan tema gratis terkadang malah memerlukan pembayaran paket hosting yang besar.

Jika situs anda masih kecil dan tidak menggunakan jumlah ruang server yang besar, namun anda membayar paket hosting yang besar maka sebaiknya dipikirkan untuk migrasi. Terkadang paket hosting menyediakan banyak fitur namun harga paketannya mahal. Jika anda tidak begitu membutuhkan fitur tersebut maka sebaiknya berganti ke layanan lain.

Pastikan penghasilan website anda ketika beredar di dunia maya sebanding dengan dana kebuthan operasional website. Anda bisa migrasi hosting ke paket lain yang lebih murah jika penghasilan dari website anda ternyata tidak mencukupi.

6. Keamanan Server Buruk

Migrasi Hosting
pasitas simpan. Sumber Unsplash

Penyedia layanan hosting bertanggung jawab untuk mengamankan server mereka. Namun tidak semua penyedia layanan hosting bekerja baik dalam hal keamanan, sedangkan peretas senantiasa berusaha mengeksploitasi kelemahan server yang anda gunakan untuk bisa menguasai situs anda. Kerugian yang ditimbulkan dari serangan ini biasanya adalah :

  • Hilangnya sebagian atau seluruh konten di website karena serangan tersebut menghancurkan file dan data.
  • Data pengguna yang disusupi, termasuk informasi sensitif seperti catatan pribadi dan detail kartu kredit.
  • Kredibilitas menurun, karena pengguna akan melihat situs anda kurang memiliki kemanan memadahi.

Untuk keamanan data ada, dan juga keberlnagsungan website anda, sebaiknya anda menggunakan penyedia layanan hosting yang benar-benar memiliki perangkat kemanan maksimal. Untuk mendapatkannya anda bisa melakukan migrasi hosting.

Leave a Comment