Penting untuk Ketahui Jenis-Jenis Hosting Yang Beredar Saat Ini

Setelah mengetahuai tentang apa itu hosting, ternyata hosting memiliki beberapa macam jenis. Yang mana jenis-jenis hosting tersebut dibedakan berdasarkan dari tipe hosting tersebut. Ini penting bagi kalian yang akan membeli atau menyewa sebuah layanan hoting.

Jenis-Jenis Hosting

Berikut merupakan penjelasan jenis-jenis hosting untuk website beserta dengan kelebihan dan kekurangannya.

Dedicated Hosting

Merupakan sebuah hosting yang hanya dipakai oleh satu klien saja. Hosting ini cocok digunakan untuk membuat website dengan jumlah trafik yang tinggi seperti website e-commerce atau market place atau dipakai untuk membangun sistem website internal untuk sebuah perusahaan.

Intinya adalah dedicated hosting merupakan hosting yang didedikasikan untuk satu klien atau satu pengguna saja. Dan satu pengguna tersebut bisa mengatur sesuka hati terhadap akses settingan hosting tersebut. Hal ini memudahkan anda untuk membuat sebuah website yang besar karena memiliki resource atau sumber daya yang besar.

Kelebihan :

  • Fleksible, karena anda bisa dengan bebas mengatur konfigurasi dari server sesuai dengan kebutuhan website anda.
  • Performa tinggi, karena satu hosting tersebut hanya digunakakn khusus untuk satu orang saja.
  • Akses root, banyak settingan yang lebih tinggi lagi jika bisa mengakses root dari server.

Kekurangan :

  • Harga yang mahal, dengan berbagai layanan yang lebih banyak dibandingkan dengan jenis hosting yang lainnya dedicated hosting memiliki harga sewa yang lebih mahal.
  • Perlu pengetahuan lebih dalam tentang pengaturan server agar mendapatkan performa server yang optimal.
Jenis-Jenis Hosting
Jenis Jenis Hosting Shared vs Dedicated Hosting, src: airoserver.com

Shared Hosting

Merupakan kebalikan dari dedicated hosting yang satu hosting dipakai hanya untuk satu klien saja. Sistem shared hosting ini merupakan berbagi dengan klien lain pada satu provider atau layanan hosting. Jenis hosting ini merupakan jenis hosting yang paling banyak dipakai oleh pemilik website. Cocok sekali digunakan untuk membuat website blog atau website sederhana.

Intinya adalah satu hosting yang ada nanti dibagi ke beberapa client agar semua bisa sama-sama memakai hosting. Dengan shared hosting ini pengguna akan berbagi resource dengan pengguna lain dalam satu provider. Artinya beberapa user tersebut memakai server yang sama seperti memori, disk space dan yang lainnya.

Kelebihan :

  • Harga murah, karena pada prinsipnya adalah hanya menyewa hosting untuk dipakai mempublikasikan website dengan pengguna yang lainnya.
  • Mudah digunakan, biasanya provider hosting menyediakan panel hosting yang mudah digunakan oleh pengguna tanpa mengetahui pemrograman web.
  • Mantenance dan administrasi dilakukan oleh provider hosting, mumudahkan pengguna ketika terdapat suatu pembaruan atau ketika terjadi kesalaha pada hosting tersebut.

Kekurangan :

  • Akses Terbatas, hal ini dikarenakan akses tersebut dibatasi oleh provider hosting, untuk mengurangi terjadinya kesalahan ataupun hal yang lainnya.
  • Ketika trafic website pengguna lain tinggi, maka akan mempengaruhi performa website anda. Karena suatu shared hosting memiliki batasan-batasan seperti bandwidth, memori dan lainnya.
Jenis VPS Hosting
Jenis VPS Hosting, src: tarunithub.com

VPS Hosting

VPS merupakan singkatan dari (Virtual Private Server) artinya adalah hosting berbagi dengan pengguna lainnya namun anda masih bisa mengatur konfigurasi dari server anda. Karena dengan VPS provider hosting mengalokasikan beberapa bagian yang bisa anda gunakan secara private.

Hal ini berarti anda seperti menggunakan dedicated hosting yaitu memakai memori ataupun resource yang lain namun masil dalam konsep berbagi hosting. Jenis hosting ini cocok sekali jika hositng website blog anda yang memiliki trafik tinggi sudah tidak kuat.

Kelebihan :

  • Space server dedicated tetapi tanpa membeli server dedicated yang mahal.
  • Performa tidak akan terpengaruh jika website lain dalam berbagi hosting terjadi peningkatan trafic.
  • Dapat dikelola sendiri tanpa memiliki batasan seperti shared hosting.
  • Akses root serve, artinya banyak pengaturan lebih lanjut dapat dilakukan

Kekurangan :

  • Harga lebih mahal dibandingkan dengan shared hosting, karena mengunakan teknologi yang berbeda.
  • Perlu pengetahuan lebih dalam tentang pengaturan server agar mendapatkan performa server yang optimal.
Jenis Cloud Hosting
Jenis Cloud Hosting, src: riis.com

Cloud Hosting

Merupakan website yang sedang banyak digemari pada akhir-akhir ini. Karena website anda akan jarang mengalami down jika memakai cloud hosting. Sehingga banyak orang mulai berganti untuk menggunakan jenis hosting ini.

Mengapa bisa jaran terjasi down? Karena konsep dari hosting ini akan menyimpan data website anda pada beberapa server virtual. Sehingga saat satu server pada hosting mengalami down, website anda masih bisa diakses menggunakan virtual server yang lainnya.

Kelebihan :

  • Jarang mengalami down karena data website anda disimpan pada beberapa server virtual.
  • Jika terjadi masalah pada server, maka tidak akan mempengaruhi performa website anda.
  • Resource yang bisa atur sesuai dengan permintaan.
  • Harga akan menyesuaikan dengan resource yang anda minta.

Kekurangan :

  • Harga akan sulit untuk diprediksi atau sulit diperkirakan karena anda perlu melakukan request sendiri.
  • Akses root tidak selalu tersedia, karena berbeda provider berbeda layanan.

WordPress Hosting

WordPress hosting merupakan hosting yang hanya dikonfigurasi secara khusus untuk untuk website dengan menggunakan cms wordpress. Hosting ini sama seperti dengan shared hosting namun hanya untuk website wordpress saja.

Karena perlu kalian ketahui bahwa wordpress merupakan cms yang paling populer dibandingkan dengan cms yang lainnya. Dan di indonesia sendiri juga banyak sekali website yang dibangun menggunakan cms wordpress.

Karena selain mudah untuk digunakan, saat membangun website wordpress juga terbilang hanya sebentar. Selain itu dengan dukungan banyak plugin juga membuat website wordpress banyak diminati.

Kelebihan :

  • Harganya murah, hampir serupa dengan harga shared hosting.
  • Mudah digunakan oleh pemula.
  • Performa yang baik untuk menjalankan wordpress.

Kekurangan :

  • Hanya bisa digunakan untuk website

Itu lah ulasan tentang jenis-jenis hosting yang perlu anda ketahui. Memang banyak jenisnya namun anda tidak perlu bingung untuk memilihnya karena sudah kami berikan mengenai kelebihan dan kekurangan dari masing-masing jenis dari hosting, tinggal anda sesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi keuangan anda.

Leave a Comment