Simak Penjelasan Apa itu cPanel, Serta Kelebihan dan Kekurangannya

Saat pertama kali anda ingin membuat website, anda pasti akan menjumpai tentang cpanel. Lantas apa itu cpanel sebenarnya? Oke pada ulasan kali ini kami aka menjelaskan tentang apa itu cPanel serta bagaimana kelebihan dan kekurangannya.

Biasanya link cpanel akan ada ketika hosting anda sudah aktif. Pada halaman cpanel itu lah anda bisa mengatur berbagai hal yang berkaitan dengan website anda mulai dari file website, database, sub domain, ssl dan masil banyak yang lainnya lagi.

Apa Itu cPanel

cPanel merupakan kontrol panel yang berfungsi untuk mengelola pengaturan hosting anda. cPanel akan memberikan tampilan grafis dan automasi untuk memudahkan proses hosting di sebuah situs web. Pengaturan tersebut meliputi manajemen file, database, domain, security, software dan konfigurasi lainnya.

Tanpa cPanel, pengaturan web hosting hanya bisa dilakukan melalui perintah teks. cPanel memudahkan pengguna untuk melakukan berbagai macam konfigurasi melalui tampilan user interface yang menarik dan mudah dioperasikan.

Tools ini dapat berjalan dalam server/ hosting dengan sistem operasi centOS, Red Hat Linux, dan FreeBSD. Banyak aplikasi yang didukung oleh panel ini antara lainnya adalah Apache, PHP, mySQL, Postgres, Perl, Python, and BIND, dengan email seperti POP3, IMAP, layanan-layanan SMTP.

Sebenarnya cPanel bukan merupakan satu-satunya kontrol panel pada sebuah hosting, masih ada banyak lagi seperti Vdeck, Plesk, sPanel, DirectAdmin, dan sebagainya. Namun yang paling banyak digunakan dan populer adalah cPanel.

Tampilan cPanel yang sederhana dan secara reguler terus di update untuk meningkatkan kemudahan dan keamanan, sehingga banyak perusahaan web hosting yang menggunakan cPanel untuk membantu pelanggan mengelola situs website mereka sendiri.

Fungsi cPanel

Selanjutnya adalah fungsi-fungsi yang bisa dijalankan oleh cPanel. Lantas apa saja fungsi dai cPanel secara langkap? Fungsi lain dari cPanel adalah sebagai berikut:

Manajemen File

Apa Itu cPanel Manajemen File
cPanel Manajemen File

Hal yang paling penting untuk membuat sebuah website adalah bagaimana cara menyimpan data-data website untuk bisa diakses menjadi sebuah website. Nah dengan cPanel ini adan bisa mengatur file dengan lebih mudah karena sudah menggunakan tampilan ui.

Selain itu anda juga bisa menggunakan menu lainnya dalam manajemen file seperti melihat penggunaan disk, mengatur akun ftp dan mengkoneksikannya, melakukan backup dan restorasi file atau menggunakan backup wizard untuk memudahkan anda dalam melakukan backup secara instan.

Manajemen Domain

Apa Itu cPanel Manajemen Domain
cPanel Manajemen Domain

Selain melakukan manajemen file, pada cPanel anda juga bisa melakukan manajemen domain. Karena domain pun perlu untuk di manajen, seperti addon domain, membuat sub domain, membuat alias pada domain, mengatur redirect domain dan juga bisa mengatur dns dari sebuah domain, selain itu masih banyak lagi tools untuk manajemen domain yang bisa anda pakai.

Baca juga : Apa itu Domain dan Penjelasan Bagian-Bagiannya

Manajemen Database

Apa Itu cPanel Manajemen Database
cPanel Manajemen Database

Untuk membangun sebuah website ada yang membutuhkan adanya database untuk media penyimpanan data atau konten website. Dengan cPanel anda bisa mengaturnya karena sudah memiliki tool-tools untuk database. Di cPanel dsediakan manajemen database dengan cara manual ada juga dengan cara yang instan.

Manajemen Email

Apa Itu cPanel Manajemen Email
cPanel Manajemen Email

Sebuah website tidak hanya sebatas pada halaman utama website tapi juga berhubungan pada sebuah email pribadi untuk sebuah perusahaan. Nah dengan cPanel ini anda bisa mengatur banyak hal berkaitan dengan Email. Seperti membuat/menghapus email, melihat list email, penggunaan penyimpanan email dan masih banyak lagi

SEO dan Tools Marketing

Apa Itu cPanel SEO & Tools Marketing
cPanel SEO & Tools Marketing

Bagi marketing SEO website menjadi sangat penting. Karena dengan seo website yang dikelola bisa menjadi ladang untuk datangnya para pelanggan. Namun hal ini bosa diatasi dengan menggunakan cPanel. Karena disini sudah disediakan banyak tools yang sangat berguna untuk kebutuhan seo dan marketing.

Contoh tools tersebut sepeti Get In Google yang akan memudahkan anda melakukan hal-hal agar website bisa seo friendly. Kemudian SEO Tools seperti submit sitemaps dan listing mesin pencarian. Dan masih banyak lagi tool-tool nya.

Baca juga : Jenis Digital Marketing untuk Bisnis

Pengaturan Modul PHP

Apa Itu cPanel Manajemen Software
cPanel Manajemen Software

Sebuah hosting memiliki versi php yang ditetapkan untuk menjalankan sebuah website. Karena beberapa orang lebih nyaman menggunakan php versi lama dan ada pula website yang membutuhkan php versi terbaru. Dan anda juga bisa mengatur check list pada detail versi php tersebut untuk mengoptimalisasi jalannya sebuah website.

Manajemen Keamanan Hosting

Apa Itu cPanel Manajemen Keamanan
cPanel Manajemen Keamanan

Dengan berkembangnya dunia website banyak hal terjadi mulai dari hal baik sampai hal buruk yang menyerang sebuah website. Untuk itu sebuah website perlu untuk diamankan. Pada cPanel ada beberapa tools yang bisa menambah keamanan dari sebuah website, salah satunya adalah dengan menambahkan SSL pada domain.

Baca Juga : Apa itu Hosting, Fungsi dan Istilahnya

Sekian ulasan dari kemai mengenai apa itu cPanel, bagi anda yang baru akan membuat sebuah website sangat perlu untuk mengetahui tentang apa itu cPanel. Meskipun masih tahap belajar pada bagian dasar saja, namun anda sudah bisa membangun website dengan baik.

Selain karena tampilan dari cPanel sangat mudah untuk diguanakan, hal ini bisa anda manfaatkan untuk mencoba-coba tools lain yang bisa menambah performa dari hosting atau webiste yang anda miliki.

Adakah kontrol panel yang lain selain cPanel? Tentu saja ada, ada banyak sekali kontrol panel untuk hosting web yang bisa anda gunakan tentu dengan teknologi dan teknik yang berbeda-beda yang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Terlepas dari kontrol panel apa yang anda gunakan, pastinya adalah anda harus menguasai kontrol panel tersebut untuk bisa memanajemen website anda dengan baik dan bisa berjala dengan performa yang optimal.

Sampai jumpa pada artikel website yang selanjutnya ya…

Leave a Comment