Harga Website : Cek dan Pelajari Harganya!

Membuat website? Tentu hal ini di idamkan oleh banyak orang. Terutama seorang pebisnis yang ingin berkompetisi di dunia digital. Namun terkadang beban biaya website menjadi ganjalan untuk merealisasikannya, terutama untuk pebisnis UMKM pemula. Namun sebenarnya Anda bisa melakukan cek harga website sebelum merealisasikannya.

Sebenarnya membuat website tidak semahal yang di bayangkan. Memang jika membuat dari awal, biaya awal akan lebih mahal, apalagi jika website tersebut di optimasi menggunakan SEO. Biaya SEO kadang malah lebih mahal dari pada biaya pembuatan website. Namun itu hanya biaya di awal saja. Jika semua sudah berjalan, maka biaya akan konstan dan lebih murah.

Apakah Anda tertarik untuk membangun website untuk melejitkan bisnis Anda? Baca artikel ini sampai selesai, agar Anda memahami harga yang akan Anda keluarkan untuk membangun website.

Harga Website
Membuat website jangan bingung. Banyak layanan murah yang bisa Anda gunakan. Sumber Pexels @michael burrows

Bisakah Cek Harga Website?

Anda sebagai pemula di dunia usaha dan ingin melejitkan usaha di dunia digital, tentu ingin memiliki website yang nantinya akan mendukung penjualan produk atau layanan Anda. Karena itu, penting untuk mengetahui harga website sebelum membangun website bisnis Anda, karena setiap bisnis baik itu besar atau kecil, tetap memerlukan penganggaran ketika menimbulkan biaya.

Lalu apakah bisa melakukan cek harga website sebelum membuatnya?

Tentu biaya pembuatan website bisa dihitung. Yang jelas Anda mengetahui, pengeluaran apa saja yang di perlukan ketika membangun sebuah website. Untuk langkah mudah melakukan cek harga website, Anda bisa mengunjungi website seperti ceksite.com atau urlwebsite.com untuk menghitung harga website secara ‘utuh’.

Namun yang menjadi catatan adalah, menggunakan website tersebut untuk melakukan cek harga website tidak akan membantu memberikan informasi harga website yang sebenarnya. Hal ini dikarenakan pengecekan tersebut di lakukan ketika website sudah jadi dan mungkin sudah di isi banyak konten, sudah di optimasi dan lainnya. Sehingga harga tersebut bukan merupakan harga awal pembuatan website.

Belum lagi parameter yang di gunakan untuk mengecek harga website. Apakah website tersebut menggunakan parameter yang tepat atau tidak. Namun untuk sekedar memabangun pemahaman tenang harga website yang sudah matang dan untuk perbandingan website satu dengan yang lain maka Anda bisa mengandalkan website cek harga website tersebut.

Seperti apa harga asli dari website sebenarnya? Untuk mengetahui harga website yang sebenarnya tentu Anda harus mengetahui untuk apa saja biaya pembuatan website di keluarkan.

Untuk Apa Saja Biaya Yang Dikeluarkan?

Harga Website
WordPress bisa Anda pilih untuk manajemen website Anda. Sumber Unsplash

Inilah beberapa item yag memerlukan biaya ketika membuat sebuah website.

1. Biaya Hosting

Hosting adalah tempat untuk menyimpan konten website Anda. Semakin kaya dan banyak konten Anda maka hosting yang di perlukan akan semakin besar. Penyedia layanan hosting yang bagus adalah yang memiliki uptime yang stabil, speed cepat dan support yang baik.

Seperti pepatah jawa, ‘ono rupo-ono rego’ maka harga paket hosting yang murah dan yang mahal tentu memiliki tingkat kepuasan pelayanan yang berbead. Anda bisa saja mendapatkan biaya hosting murah perbulan sekitar 10 ribu, namun Anda jangan mengeluh dengan kualitasnya.

2. Biaya Domain

Domain adalah nama sebuah website. Website ini memiliki nama KhairaDigital.Com, Anda bisa memilih nama sesuka Anda, namun yang belum di pakai orang lain. Domain populer seperti dot com, memiliki harga sekitar 125ribu pertahun. Namun jika Anda membeli paket website, biasanya Anda aka mendapatkan domain gratis.

3. Biaya Desain

Anda bisa menggunakan template gratis jika dalam membangun website menggunakan platform CMS seperti WordPress dan sejenisnya. Namun yang akan Anda dapatkan adalah desain sederhana. Untuk tampilan premium, Anda bisa membeli template premium. Jika Anda bisa melakukannya sendiri, itu bagus. Namun Anda akan dikenakan biaya desain jika memperkerjakan orang lain.

4. Membeli Plugin (opsional)

Jika Anda ingin menambahkan fitur tententu pada website Anda, terutama website yang berbasis CMS seperti WordPress, maka Anda memerlukan plugin. Ribuan plugin gratis bertebaran dan bisa di gunakan. Akan tetapi dari segi keamanan, dukungan, dan juga kemudahan penggunaan tentu harus di teliti lagi.

Memang langkah terbaik adalah dengan membeli plugin premium. Namun sekali lagi, Anda akan mengeluarkan biaya tambahan. Akan tetapi semua akan kembali kepada Anda, apakah Anda memerlukan plugin tersebut atau tidak.

5. Biaya Tools Keamanan (opsional)

Tanpa menggunakan perangkat keamanan pun website Anda akan bisa di akses. Namun demi membangun kepercayaan publik akan perushaaan Anda, sebaiknya memang harus memasang perangkat keamanan. Untuk website yang menggunakan layaan transaksi, maka perangkat keamanan adalah wajib.

Itulah beberapa biaya yang dikeluarkan untuk pembuatan sebuah website. Jika Anda membangun website secara mandiri, tentu Anda akan di bingungkan dengan berbagai macam hal. Tentu hal ini akan menambah beban pikiran Anda dan menyita banyak waktu.

Akan tetapi jika Anda seorang pembelajar, memiliki banyak waktu yang luang dan menginginkan website di kelola mandiri mulai dari nol, maka Anda bisa mencobanya. Anda akan menemukan banyak pengalaman ketika mencobanya sendiri.

Adakah Cara Mudah dan Murah Membuat Website?

Seorang pebisnis yang menjalankan usaha tentu akan lebih memilih segala hal yang serba cepat dan praktis. Begitu pula dengan membagun sebuah website bisnis, mereka akan lebih mengutamakan proses yang cepat meskipun harus mengeluarkan uang yang mungkin lebih besar. Apakah ada cara termudah membuat website?

Harga Website
Anda bisa memilih paket website sesuai kebutuhan. Sumber Pexels @tranmautritam

Ada beberapa langkah dalam membuat website, mulai dari menggunakan layanan website builder yang praktis dan itu bisa Anda lakukan sendiri, menggunakan website dengan bebasis CMS dengan sedikit usaha, atau bisa dengan mempercayakan pembuatan website kepada jasa pembuatan website profesional dan Anda tinggal menerima jadi.

Jika Anda memiliki bisnis yang harus Anda jalankan namun Anda juga perlu membangun website yang mendukung bisnis Anda, maka cara termudah memiliki website adalah dengan mempercayakan kepada jasa pembuatan website profesional. Anda bisa memilih paket yang menurut Anda cocok dengan bisnis Anda.

Yang lebih menggembirakan lagi adalah Anda bisa mendapatkan paket website pemula yang memiliki harga yang rendah. Website murah untuk UMKM ini tentu akan pas di kantong Anda. Selain itu, untuk maintenance website di awal Anda membangun bisnis, bisa Anda lakukan sendiri.

Akan tetapi Anda memerlukan belajar banyak hal untuk perawatan website agar website berkinerja maksimal. Meskipun begitu, mengelola website bagi pemula dengan sebelumnya mengandalkan agensi untuk pembuatannya akan memakan biaya lebih murah daripada Anda menyerahkan semua pekerjaan kepada penyedia layanan.

Itulah sekelumit tentang harga website yang memang menjadi pertanyaan banyak pihak, terutama pebisnis pemula yang akan memasuki bisnis digital. Untuk lebih jelasnya Anda bisa berkonsultasi dengan KhairaDigital yang siap membantu UMKM seluruh Indonesia memasuki persaingan digital. Kami tunggu kabar Anda!

Leave a Comment