Google Bisnisku Adalah Sarana Penting Untuk Bisnis Lokal

Google merupakan mesin telusur yang sangat berpengaruh pada sebagian besar bisnis di dunia. Karena itu bisnis apa pun saat ini membutuhkan visibilitas yang ditargetkan di Google. Selain website yang di optimasi baik menggunakan Google Ads atau secara organik, Google bisnisku adalah hal yang tidak bisa dilewatkan dalam menambah visibilitas di Google, terutama bisnis lokal.

Google bisnisku yang merupakan listingan canggih ini adalah cuplikan dinamis dari bisnis yang menyoroti fitur terbaik pada bisnis dan memungkinkan calon pelanggan dengan cepat menemukan, mempelajari, dan berinteraksi dengan anda.

Namun sebuah studi mengatakan bahwa sebagian besar orang tidak memaksimalkan keberadaan Google bisnisku, artinya mereka hanya sekedar tercantum saja. Karena itu penting untuk mengoptimalkan Google Bisnisku. Dengan pengoptimalan ini, Anda dapat mengubah Profil Bisnis menjadi alat akuisisi pelanggan gratis terbaik.

Google Bisnisku Adalah
Bisnis mudah ditemukan jika terdaftar di google bisnisku. Sumber Unsplash

Mengapa Anda perlu mengoptimalkan Profil Bisnis Google Anda ?

Profil Bisnis yang dioptimalkan di Google membantu konsumen memilih bisnis Anda daripada pesaing, artinya dengan melakukan optimasi Profil Bisnis, anda memiliki media untuk pemasaran dengan biaya yang murah. Setidaknya inilah beberapa manfaat ketika Google Bisnis milik Anda dioptimalisasi :

1. Meningkatkan keterlibatan konsumen

Semakin dioptimalisasi maka akan semakin banyak konsumen mencari informasi di Googel Bisnis tanpa mencari informasi lainnya. Informasi di halaman hasil penelusuran dari Profil Google Bisnis sepenuhnya akan menjawab pertanyaan mereka, menghasilkan penelusuran tanpa klik.

Karena itu potensi lebih banyak konsumen yang berinteraksi dengan bisnis Anda melalui Profil Bisnis Google akan lebih banyak daripada saluran lain milik Anda. Anda bisa enjawab pertanyaan di Google Bisnisku sehingga anda bisa terlibat aktif melaayani konsumen yang membutuhkan informasi melalui Profi Bisnis Google.

2. Meningkatkan peringkat lokal

Algoritme Google untuk memeringkat Profil Bisnis tidak hanya mempertimbangkan relevansi, tetapi juga aktivitas dan kualitas informasi. Mengoptimalkan Profil Bisnis Google Anda akan memberikan pengaruh ke Google untuk memberi Anda peringkat yang lebih tinggi di hasil pencarian lokal. Dan peringkat yang lebih tinggi, maka visibilitas dan keterlibatan dengan bisnis Anda akan menjadi lebih tinggi.

3. Mengundang banyak pelanggan

Profil Bisnis Google yang optimal akan mengundang banyak pelanggan yang masuk. Mereka dapat mengetahui di mana Anda berada dan membaca ulasan Anda. Namun dengan Profil Bisnis yang dioptimalkan melalui akun Google Bisnisku, konsumen dapat menemukan Anda dalam pencarian kata kunci, menelepon Anda, mengunjungi situs Anda, meneliti produk dan layanan Anda, dan lainnya.

Cara mengoptimalkan Profil Bisnis Google

Sekarang setelah Anda melihat bahwa mengoptimalkan Profil Bisnis Google Anda adalah kunci untuk ditemukan di penelusuran lokal dan memudahkan untuk ditemukan pelanggan secara online, sekarang saatnya bekerja untuk melakukan hal itu. Berikut adalah cara mengoptimalkan Profil Bisnis Google :

1. Buat akun Google Bisnisku

Pertama dan terpenting, penting untuk diperhatikan di sini bahwa Profil Bisnis Google adalah entitas yang terpisah dari akun Google Bisnisku. Akun Google Bisnisku digunakan untuk mendapatkan akses dan mengoptimalkan Profil Bisnis Google. Artinya, untuk melakukan pengoptimalan yang dijelaskan dalam panduan ini, Anda harus memiliki akun Google Bisnisku.

Untuk membuat akun Google Bisnisku, buka https://www.google.com/business/ dan masuk dengan akun Gmail biasa yang Anda gunakan untuk bisnis Anda.

2. Lengkapi setiap bagian

Kelengkapan Profil Bisnis Google Anda tidak hanya membantu Google memberi Anda peringkat lebih tinggi di hasil penelusuran lokal, akan tetapi juga meningkatkan jumlah tindakan yang dilakukan pelanggan ketika mereka menemukan profil Anda di mesin pencarian.

Ada banyak informasi yang harus diberikan kepada pelanggan, jadi berikut adalah aspek-aspek yang harus segera diselesaikan :

  • Nama
  • Alamat
  • Telepon
  • Situs web
  • Jam layanan
  • Kategori dan Atribut
  • Produk dan layanan
  • Dari bisnis
  • Postingan
  • Ulasan
Google Bisnisku Adalah
Bisnis yang membutuhkan lokasi fisik p[erlu di optimalkan dengan menggunakan Google Bisnisku. Sumber Unsplash

3. Sematkan informasi kontak

Penyematan informasi kontak pada Profil Bisnis ada tentu sangat penting. Namun untuk menyemaatkan informasi kontak, sebelumnya anda harus mempertimbangkan hal berikut ini.

Pastikan nama bisnis Anda sama dengan yang Anda gunakan pada papan nama toko Anda. Menambahkan nama lokasi, nama merek atau kata kunci dianggap sebagai spam oleh Google dan Anda dapat dikenai sanksi.

Pastikan nama dan alamat bisnis Anda sama persis dengan listingan Anda yang lain di seluruh web. Algoritme Google memperhitungkan ketidakkonsistenan ini saat menilai kredibilitas bisnis Anda.

Tunjukkan jam reguler dan hari libur Anda. Hal ini mendorong pelanggan untuk mengunjungi Anda di waktu yang tepat. Ini juga menghindari ulasan negatif dari pelanggan yang sudah datang namun ternyata bisnis anda sedang tutup.

4. Pilih sebuah kategori

Memilih kategori yang tepat adalah suatu keharusan untuk mengoptimalkan Profil Bisnis Google Anda. Inilah alasannya :

Dapat ditemukan dalam pencarian penemuan . Sebanyak 84% tampilan Profil Bisnis di Google berasal dari penelusuran penemuan (artinya konsumen menelusuri produk, layanan, atau istilah kategorikal dan profil bisnis tersebut muncul), dibandingkan hanya 16% yang berasal dari penelusuran langsung (konsumen mengetik bisnis tersebut nama atau alamat).

Sorot fitur khusus kategori. Setelah Anda memilih kategori, Google menyediakan fitur khusus kategori yang membuat profil Anda lebih menarik dan efektif. Detail ini dapat membantu konsumen memilih Anda daripada pesaing.

Tips menentukan kategori :

  • Pilihlah yang spesifik. Daftar drop-down kategori akan muncul setelah Anda mulai mengetik, pilih jasa yang menjadi spesialisasi anda. Jangan membuat kategori secara umum. Jika bisnis Anda adalah penjualan daging, maka infokan melalui kategori dengan memberikan kategori spesifik seperti menjual daging kuda, menjual daging ayam dll.
  • Pilih kategori sekunder. Banyak bisnis yang terbagi dalam beberapa kategori. Setel kategori utama Anda ke penawaran utama dan kemudian pilih kategori tambahan yang berlaku.
  • Pilihlah hanya kategori yang sesuai dengan penawaran Anda.

Selain itu, perlu diingat bahwa Google mungkin meminta Anda untuk memverifikasi bisnis jika Anda mengedit daftar kategori atau menambahkan beberapa. Ini hanya untuk memastikan akurasi di seluruh platform mereka.

5. Pilih atribut yang berlaku

Setelah Anda memilih kategori, Google akan memberi Anda daftar atribut yang dapat Anda centang untuk mendeskripsikan bisnis Anda lebih lanjut. Atribut adalah fitur khusus yang dicari calon pelanggan , seperti Wi-Fi gratis dan atribut lainnya.

6. Tambahkan foto

Inilah beberapa perimbangan yang harus diperhatikan ketika mengupload foto di Google Bisnisku :

  • Pastikan berkualitas. Sebenarnya siapa saja bisa mengupload foto ke akun Google Bisnisku, namun sebaiknya Anda sendiri mengupload foto Anda yang berkualitas. Dengan mengupload sendiri, Anda bisa mengontrol kualitas foto yang Anda upload.
  • Secara teratur. Menambahkan foto secara teratur memberi sinyal ke Google bahwa Anda aktif dengan profil Anda dan tentu hal ini akan berdampak positif pada peringkat Anda di mesin pencarian.
  • Foto lokal. Google semakin maju dalam pengenalan gambar dan mulai memasukkan foto dalam hasil lokal. Pastikan anda memasang foto dengan hasil lokal.
  • Jangan menggunakan stok foto. Anda sebaiknya tidak perlu mengambil foto pada layanan stok foto, baik itu yang gratis atau berbayar. Pastikan foto yang anda unggah sesuai dengan kenyataan.
  • Gunakan aplikasi Google Street View untuk menambahkan foto 360ยบ ke profil Anda. Ini sangat berguna untuk menemukan lokasi Anda dengan tepat.

7. Dapatkan ulasan

Uklasan sangat mempengaruhi hasil pencarian. Seseorany tentu akan memilih bisnis yang memiliki ulasan bintang lima atau empat daripada bintang yang sedikit. Ulasan adalah pengaruh paling signifikan pada pembelian konsumen, jadi ini adalah faktor peringkat utama dalam algoritme mesin pencarian. Anda juga dapat melihat sendiri dampak ulasan terhadap peringkat.

Selain itu, Google juga dapat menampilkan Profil Bisnis di hasil penelusuran jika memiliki ulasan yang berisi kata kunci tersebut.

Untuk mengoptimalkan Profil Bisnis Google Anda dengan ulasan, ikuti tips berikut :

  • Mintalah pelanggan setia Anda untuk memberikan ulasan tentang bisnis Anda.
  • Buat semudah mungkin bagi pelanggan dengan membuat tautan rimgkas yang menuju ke halaman ulasan. Anda bisa menggunakan generator seperti bit.ly atau link.tree
  • Anda bisa meminta pelanggan untuk menulis ulasan melalui email, perpesanan, media sosial, dan memintanya dengan langsung.
  • Tanggapi ulasan. Pastikan Anda menanggapi ulasan, bagaimanapun ulasan yang mereka berikan.

8. Posting ke Profil Bisnis Google Anda

Anda dapat memposting ke Profil Bisnis Google Anda tentang pengumuman, penawaran, acara, dan produk. Postingan dibuat di dasbor Google Bisnisku dan muncul di bagian “Pembaruan” di bagian bawah Profil Bisnis Anda. Ini bearfungsi seperti media asosial pada umumnya.

9. Tambahkan produk dan layanan

Mengisi bagian ini juga dapat membantunya mendapat peringkat untuk pencarian yang lebih relevan. Saat menambahkan produk dan layanan, sertakan nama, deskripsi, dan harga jika ada. Deskripsi lengkap akan muncul setelah pencari mengklik produk. Selain itu, Google dapat menautkan ke produk Anda dari bagian kategori Anda.

Google Bisnisku Adalah
Informasi yang detail membantu bisnis anda lebih memiliki visibilitas. Sumber Unsplash

Penutup

Dengan menyediakan informasi berkualitas tentang bisnis Anda sebanyak mungkin di akun Google Bisnisku maka mesin pencari akan lebih memperhatikan Anda untuk diletakkan di posisi atas. Tujuan akhir dari pengguna adalah untuk menghubungkan pencari ke bisnis terbaik untuk kebutuhan mereka melalui informasi yang terperinci dan tepercaya.

Karena itu fokuslah menggunakan dasbor Google Bisnisku untuk membuat Profil Bisnis Anda mewakili bisnis Anda seakurat dan selengkap mungkin, lalu pastikan untuk memeliharanya, dan Anda akan menuai manfaatnya dengan mampu mendatangkan banyak pelanggan.

Itulah ulasan mengenai Google Bisnisku. Google bisnisku adalah hal yang tidak boleh dilewatkan. Simak artikel kami lainnya tentang unsur-unsur iklan hanya di website ini. Terima kasih.

Tinggalkan komentar