Email Marketing Untuk Penjaringan Konsumen

Email marketing merupakan aktifitas marketing yang sudah di jalankan sejak ditemukannya email dan juga internet. Namun meskipun begitu tidak  jarang perusahaan yang melewatkan aktifitas tersebut. Dalam aktifitas digital marketingnya pelaku marketing lebih cenderung memaksimalkan keterlibatan di media sosial atau mengelola website.

Padahal ketika menggunakan email akan sangat menguntungkan. Anda bisa menyebarkan penawaran kepadalist alamat email yang anda miliki. Cara ini cukup murah daripada anda membayar biaya iklan di media sosial atau melakukan optimasi pencarian di mesin pencari yang dapat memakan banyak biaya meskipun hanya menyasar SEO lokal.  

Email Marketing Pertama

Email Marketing
Eemail menjadi sarana marketing. Sumber Unsplash

Email pertama, dikirim oleh Ray Tomlinson pada tahun 1971. Pesan yang dikirim berupa serangkaian angka dan huruf yang tampak lebih seperti kata sandi daripada pesan. Dari beliaulah tanda @ pada email diperkenalkan. Dalam perkembangannya pesan yang disampaikan semakin kompleks dan tidak hanya berupa tulisan saja.

Email komersial pertama kali di kirimkan oleh Gary Thuerk, Manajer Pemasaran di Digital Equipment Corp kepada daftar alamat email. Saat ini. Sampai saat ini jika anda membuka email baru pasti akan di banjiri oleh penawaran dari berbagai perusahaan. Bahkan karena terlalu banyak terkadang email yang masukdialihkan ke folder spam.

Pemasaran menggunakan email membantu anda terhubung dengan audiens anda untuk mempromosikan produk anda yang nantinya akan meningkatkan penjualan. Anda dapat melakukan banyak hal dengan email, seperti menjual produk, berbagi berita, meningkatkan rasio pengabaian keranjang, atau bahkan menceritakan sebuah pengalaman.

Pemasaran email adalah strategi pemasaran digital yang sangat efektif. Langkah ini cukup mudah, anda hanya perlu mengirim email ke prospek dan pelanggan. Email pemasaran yang efektif mengubah prospek menjadi pelanggan, dan mengubah pembelian satu kali menjadi konsumen setia.

Pentingnya Pemasaran Email

Terlepas dari maraknya media sosial dan email spam yang sebenarnya bukan merupakan strategi pemasaran yang baik, email tetap menjadi cara paling efektif untuk memelihara prospek dan meningkatkan loyalitas konsumen anda. Ada banyak alasan mengapa anda harus menjadikan pemasaran email sebagai salah satu prioritas utama :

1. Email Adalah Saluran Komunikasi Utama

Tahukah anda bahwa setidaknya 99% konsumen memeriksa email mereka setiap hari? Selain itu untuk memiliki perangkat digital saat ini, anda memerlukan sebuah akun email yang aktif. Ini artinya saat ini keberadaan email memang sangat di perlukan.

2. List Daftar Yang Aman

Di platform media sosial apa pun, akun anda, termasuk juga follower atau pertemanan anda dapat ditangguhkan atau dihapus kapan saja oleh penyedia layanan untuk alasan apa pun dan tanpa pemberitahuan. Namun, dengan menggunakan email anda memiliki daftar alamat email anda. Daftar tersebut senantiasa ada selama anda masih memiliki akun email tersebut.

3. Konversi Yang Tinggi

Konon pemasaran email memiliki ROI (laba atas investasi) 4400%. Nilai tersebut tentu sangat luar biasa!. Tenu sangat disayangkan apabila anda melewatkan proses ini. Nilai konversi pemasaran melalui email setidaknya tiga kali lebih tinggi daripada media sosial.

Email Marketing
Konversi yang tinggi ada pada email marketing. Sumber Unsplash

Keberhasilan dalam Email Marketing

Jika anda menginginkan metode marketing yang paling murah dan mudah, dengan menggunakan email marketing bisa menjadi pilihannya. Sebuah studi tahun 2015 oleh DMA menemukan bahwa untuk setiap 1 dollar yang diinvestasikan, email memiliki rata-rata laba atas investasi (ROI) 38 dollar. Saat pembeli siap membeli sesuatu, mereka sering mencari email dari toko favorit mereka.

Namun biasanya akan ada banyak email masuk yang menjadikan email yang anda kirimkan akan menumpuk bersama degan banyaknya email masuk lain yang mungkin berjumlah puluhan atau ratusan. Disinilah gerbang cyber crime seperti email phising terjadi.

Diperlukan usaha khusus agar email yang anda kirim berbeda dengan email lainnya, setidaknya terlihat menonjol, sehigga penerima email akan tertarik untuk membukanya.

Membuat Daftar Email

Semakin banyak list yang anda miliki maka itu semakin baik. Selain itu pastikan daftar email yang nantinya diterima selalu update. Dengandemikian email penawaran atau buletin yang akan anda kirim benar-benar tepat sasaran. Ada banyak cara yang bisa anda lakukan untuk mengkoleksi daftar alamat email yang anda kirim.

1. Melalui Formulir Pendaftaran Website

Saat orang-orang mengunjungi situs web anda untuk pertama kalinya dan menyukai apa yang mereka lihat, mereka akan menginginkan agar senantiasa mudah terhubung dengan anda. Buat formulir untuk pendaftaran buletin dan pasang pop-up untuk mengumpulkan data pelanggan dari pengunjung anda termasuk salah satunya email pengunjung situs website.

2. Melalui Formulir Pendaftaran Langsung

Jika anda memiliki tiki fisik, anda bisa mengumpulkan email melalui pendaftaran langsung, atau bisa melalui acara yang anda selenggarakan. Ketika anda dikelilingi oleh orang-orang yang menyukai apa yang anda tawarkan, sediakan tempat bagi mereka untuk mendaftar dan mempelajari lebih lanjut. Cara ini meskipun manual, namun anda bisa mengumpulkan lebih banyak alamat email.

3. Dorong Pendaftaran Melalui Medsos

Jika anda tidak memiliki daftar email yang masih sedikit dan anda akan mengembangkannya, anda bisa memanfaatkan sumber daya di media sosial. Bagikan formulir pendaftaran anda di saluran sosial anda.

Email Marketing
Maksimalkan dalam marleting. Sumber Unsplash

4. Penawaran Diskon

Coba tawarkan hadiah atau diskon untuk beberapa pelanggan baru yang beruntung. Pemberian diskon atau penawaran khusus bisa anda lengapi dengan syarat memberikan data pelanggan yang salah satunya adalah alamat emailnya. Tentu pelanggan tidak keberatan dengan hal ini.

Kegiatan marketing harus dilakukan dengan kreatif. Salah satunya adalah dengan melalui email marketing. Dengan melakukan aktifitas yang tidak memakan biaya banyak seperti ini, di harapkan penawaran anda kepada khalayak ramai akan mudah tersebar dengan cepat. Itulah ulasan mengenai email marketing. Semoga artikel ini memberikan informasi bermanfaat bagi anda dan jangan lupa membaca artikel lain tentang penyebab server down pada website.

Leave a Comment