Digital Marketing UMKM Gratis? Cek Disini!

Membangun UMKM memerlukan berbagai sklill yang nantinya akan mendukung keberlangsungan dari bisnis tersebut. Salah satu yang penting dimiliki adalah skill pemasaran, baik itu pemasaran dalam bentuk digital atau konvensional. Digital marketing UMKM yang saat ini sangat dibutuhkan akan mampu meningkatkan konversi dari bisnis.

Pertanyaannya adalah, mengapa digital atau online marketing untuk UMKM adalah penting? Padahal rata-rata bisnis skala UMKM, terutama untuk ukuran masyarakat adalah bisnis skala kecil, dimana bisnis ini adalah bisnis konvensional seperti usaha jual beli dan usaha jasa seperti biasa.

Digital Marketing UMKM
Berbekal smartphone Anda bisa melakukan pemasaran digital. Sumber Unsplash

Digital Marketing

Secara sederhana digital marketing bisa dimaknai sebagai pemasaran digital, atau pemasaran melalui jaringan internet. Pemasaran di dunia digital bisa dilakukan dengan berbagai cara. Mulai dari yang gratis sampai yang menggunakan biaya ratusan juta. Artinya ada banyak peluang untuk menggunakan metode ini, baik untuk UMKM sekalipun.

Yang selama ini di salah pahami oleh sebagian besar masyarakat ketika mereka menganggap digital marketing adalah pemasaran online yang menggunakan biaya besar seperti menggunakan website atau jasa SEO untuk optimasi website. Meskipun kedua trik marketing tersebut bagian dari digital marketing, namun digital marketing tidak terbatas pada dua cara itu.

Hanya bermodalkan gawai, akses internet, akun media sosial dan materi yang nantinya akan Anda post, Anda sudah bisa melakukan pemasaran digital. Digital marketing UMKM mudah dilakukan, dan bahkan bisa dilakukan siapa saja selama bisa mengoperasikan smartphone.

Mengapa Digital Marketing UMKM Penting?

Lantas, mengapa digital marketing menjadi penting? Bukankah bisnis UMKM bisa memilih untuk menggunakan pemasaran konvensional, tanpa menggunakan media internet? Ini beberapa alasan mengapa digital marketing UMKM perlu dilakukan!

1. Mengikuti Zaman

Saat ini penggunaan perangkat elektronik protabel menjadi sebuah keharusan bagi setiap orang. Ini berkaitan dengan komunikasi antara orang satu dengan yang lain. Segala komunikasi, mulai dari pembahasan urusan yang sepele sampai undangan untuk rapat dilakukan dengan menggunakan perangkat tersebut.

Di masa sekarang bahkan perangkat portabel tersebut bisa bekerja lebih canggih lagi. Anda bisa melakukan transaksi, pembelian, bahkan hutang untuk permodalan melalui aplikasi di perangkat smartphone. Jika Anda tidak segera mengikuti perkembangan tersebut maka Anda tidak akan mampu bersaing. Saat ini Anda bisa menjangkau konsumen dengan cepat menggunakan perangkat tersebut.

2. Efektif

Anda bisa melakukan pemasaran dengan efektif jika menggunakan metode digital marketing. Konsumen atau prospek akan dengan mudah menemukan apa yang mereka butuhkan, dan ketika Anda berada di jaringan sosial media misalnya, maka Anda akan dengan mudah ditemukan.

Dengan demikian maka bisnis UMKM Anda akan ditemukan oleh konsumen yang tepat dan membutuhkan. Cara ini tentu lebih efektif jika dibandingkan dengan menggunakan pemasaran konvensional yang justru akan membuang buang sumberdaya.

3. Jangkauan Luas

Berapa biaya yang akan Anda keluarkan ketika Anda menggunakan media cetak atau elektronik untuk mengiklankan bisnis Anda secara luas? Tentu akan memakan biaya yang besar. Dengan menggunakan metode digital marketing, Anda bisa dengan mudah mendapatkan cara pemasaran produk atau layanan Anda dengan luas.

Media sosial seperti Facebook atau Instagram dapat dijangkau olah banyak orang secara luas. Hanya dengan sekali sentuh saja, iklan Anda bisa ditonton oleh banyak orang di jaringan media sosial. Jika Anda menggunakan halaman Anda sendiri, pastikan Anda memiliki banyak pengikut yang mengikuti halaman Anda.

4. Murah

Menggunakan strategi digital marketing untuk UMKM bisa dilakukan dengan murah dan bahkan gratis. Anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk membuat iklan gratis, meskipun untuk hasil terbaik Anda sebaiknya menggunakan iklan yang berbayar. Akan tetapi untuk bisnis UMKM pemula, menggunakan iklan gratis sudah cukup.

Digital Marketing UMKM
Bisnis kecil perlu digital marketing. Sumber Unsplash @kristaps grundstein

Digital Marketing UMKM Gratis

Platfrom apa sajakah yang bisa digunakan untuk pemasaran UMKM namun tetap gratis? Inilah beberapa platform yang bisa Anda gunakan untuk memasarkan produk atau layanan Anda dengan gratis!

1. Google My Business

Google My Business atau Google Bisnisku merupakan platform dari Google yang mudah digunakan. Platform ini sangat bermanfaat bagi Anda yang memiliki bisnis lokal seperti kedai, warung, atau kantor yang jelas keberadaannya. Platform ini tersingkronisasi dengan Google map yang memudahkan melacak lokasi.

Anda bisa memberikan informasi dan kontak bisnis Anda di platform ini. Dengan demikian, siapapun yang membuka platform Anda di mesin pencarian, maka mereka akan mudah menghubungi Anda dan menemukan lokasi bisnis Anda.

2. Marketplace

Anda bisa menggunakan platform marketplace yang aplikasinya bisa Anda dapatkan dengan gratis di smartphone, baik Android atau iPhone. Marketplace memberikan kesempatan kepada siapa saja, baik itu industri besar sampai skala UMKM untuk memasarkan produknya disini. Marketplace biasanya terfokus pada penjualan produk.

Kelebihan menggunakan aplikasi marketplace adalah, Anda akan terbantu dengan pembayaran dan pengiriman barang yang biasanya sudah include dengan aplikasi. Selain itu, Anda memiliki kesempatan besaing dengan bisnis lain tanpa melihat seberapa besar bisnis mereka. Semua memiliki kesempatan yang sama.

3. Media Sosial

Media sosial seperti Facebook, Twitter, instagram, TikTok dan sejenisnya bisa Anda gunakan sebagai media pemasaran. Masing masing memiliki karakteristik tersendiri. Anda bisa menggunakan dan memaksimalkan iklan melalui platform media sosial ini dengan memproduksi konten yang bagus dan memiliki hal yang menarik.

Digital Marketing UMKM
Kalau ada yang gratis, nanti dulu mengeluarkan uang. Sumber Unsplash @igalness

Jika platform tersebut menitikberatkan pada konten video, maka Anda perlu membuat video pendek yang menarik. Sebaiknya Anda memaksimalkan penggunaan setiap media seperti video di TikTok, foto di Instagram dan mungkin cerita disertai gambar di Facebook. Dengan demikian visibilitas Anda akan semakin tinggi di dunia maya.

Portal Iklan

Website portal iklan gratis seperti Jualo, Sejasa atau Indonetwork bisa Anda gunakan untuk menjual produk dan layanan Anda. Website direktory UMKM tersebut meskipun secara popularitas kalah dengan website marketplace, namun seperti website Indonetwork, Anda akan lebih mudah menjual produk atau layanan Anda secara B2B. Termasuk website Sejasa, website ini  sangat cocok bagi bisnis Anda yang bergerak di bidang jasa.

Kesimpulan

Di masa digital saat ini, digital marketing UMKM menjadi sangat penting. Ada banyak kesempatan yang bisa dimaksimalkan ketik Anda akan melakukan pemasaran di dunia digital. Meskipun Anda bisa menggunakan berbagai platform dengan gratis, namun Anda dituntut untuk selalu belajar, agar Anda mampu bersaing dengan marketer lainnya.

Terus belajar dan mengembangkan diri adalah kunci kesuksesan dalam dunia yang selalu berubah. KhairaDigital, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang digital marketing senantiasa bersenang hati mendampingi UMKM yang sedang berkembang.  

Tinggalkan komentar