Cara Check WordPress Theme dengan Trik dan Tools Berikut Ini

Check WordPress Theme
Check WordPress Theme, src: topbagbazaars

Saat anda berkunjung ke sebuah website yang memiliki tampilan bagus pasti penasaran untuk mengetahui tema wordpress apa yang dipakai pada website tersebut. Hal ini sering terjadi pada orang yang minat dalam dunia website atau wordpress. Untuk mengetahuinya anda bisa memakai website untuk check wordpress theme.

WordPress merupakan Content Management System (CMS) yang paling populer dibandingkan dengan cms lainnya. Disamping kemudahan saat menginstall, wordpress juga mudah untuk dipakai bahkan untuk pemula. Selain itu didalam wordpress juga banyak pilihan theme yang bisa anda pilih untuk website anda.

Banyak theme wordpress yang bisa anda gunakann, mulai dari yang gratis atau yang berbayar. Karena selain dari wordpress sendiri, banyak di luar sana yang membuat theme wordpres. Hal ini karena sifat dari wordpress itu sendiri yaitu open source yang artinya boleh dikembangkan secara bebas.

Kembali lagi pada topik kita pada artikel kali ini adalah check wordpress theme. Ternyata anda bisa menemukan theme wordpress ketika anda menemukan sebuah website yang memiliki tampilan yang bagus dan menarik.

Baca juga : Inilah Kelebihan dan Kekurangan WordPress

Check WordPress Theme

Ada tiga (3) cara yang bisa anda lakukan untuk mengetahui theme yang dipakai oleh sebuah website, yang pertama adalah dengan melihat bagian footer / credit page, yang kedua dengan melihat page-source websitenya dan yang ketiga dengan menggunakan tools online.

1. Footer / Credit Page

Check WordPress Theme
Footer Credit

Cara yang pertama adalah dengan melihat footer atau credit page yaitu bagian paling bawah pada sebuah website. Pada bagian ini biasanya menampilkan nama theme atau pembuat dari theme website. Contohnya seperti yang ada pada gambar diatas yang menampilkan bahwa website tersebut menggunakan theme GeneratePress.

Namun biasanya pemilik website mengganti credit page nya menjadi slogan atau deskripsi dari website. Jadi cara ini hanya kadang-kadang saja bisa berhasil. Tapi tenang saja anda bisa menggunakan cara yang ke-2 untuk mengatasinya.

2. Page Source

Check WordPress Theme
Page-Source

Cara yang ke-2 ini anda akan mengetahui theme wordpress dengan melihat page-source nya. Cara nya cukup mudah yaitu dengan klik kanan pada bagian tampilan website kemudian pilih “View Page Source”. Lalu browser akan membuka tab baru yang menampilkan source code html dari website.

Ketika sudah di tahap ini anda bisa mencari dengan menekan tombol CTRL + F dengan kata kunci “themes”. Contohnya seperti pada gambar diatas, yang menampilkan bahwa website tersebut menggunakan theme GeneratePress.

3. Menggunakan Tools Online

Pada cara yang ke-3 ini anda akan menggunakan tools online. Dengan menggunakan tools online anda bisa dengan mudah untuk menggunakannya karena tidak perlu install macam-macam, cukup buka brower dan buka alamat toolsnya. Dan juga anda bisa mendapatkan informasi tentang theme yang dipakai secara detail.

Anda bisa mengetahui theme wordpress yang dipakai pada website tersebut dengan menggunakan website yang sudah kami buat daftarnya dibawah ini. Biasanya anda cukup menggunakan alamat websitenya kemudian anda akan diberikan detail-detail yang dipakai pada website tersebut.

Berikut ini daftar tools online yang bisa anda gunakan untuk mengetahui theme wordpress secara mudah dan tentunya gratis.

a. WPThemeDetector

Check WordPress Theme
WordPress Theme Detector

Di website ini anda cukup meng-inputkan link website yang akan kamu cari tahu theme nya. Kelebihannya dari website ini adalah tidak hanya menampilkan informasi berupa theme nya saja namun provider theme nya juga ditampilkan. Selain itu anda juga bisa melihat daftar plugin yang dipakai oleh website tersebut.

b. IsItWP

Check WordPress Theme
IsItWP

Di website ini penggunaannya juga cukup mudah yaitu tinggal meng-inputkan url website nya saja. Setelah itu anda bisa melihat theme yang dipakai oleh website tersebut. Selain nama theme nya, anda juga akan melihat provider hosting yang dipakai.

c. WPDetector

Check WordPress Theme
WPDetector

Tools ini juga tidak jauh berbeda dengan tools yang pertama yaitu menampilkan nama theme dan keterangan detailnya. Selain itu website juga menampilkan daftar plugin yang dipakai pada website tersebut. Bedanya dengan tools diatas adalah tampilannya yang lumayan user-friendly untuk digunakan untuk pemula.

d. WhatWPThemeisThat

Check WordPress Theme
What WordPress Theme Is That

Sama seperti tools poin a, pada tools ini anda juga bisa melihat informasi dari theme yang dipakai. Selain itu anda juga akan ditampilkan daftar plugin yang terpasang pada website tersebut sama seperti WPThemeDetector, namun perbedaanya adalah tampilan pada tools ini sangat sederhana.

Baca juga : Cara Mempercepat WordPress

Mungkin itu aja cara-cara yang bisa anda lakukan untuk mengetahui theme wordpress dari website lain yang kita anggap lebih bagus.

Namun perlu diketahui bahwa cara-cara diatas tidak selalu bisa digunakan untuk mengetahui theme wordpress website lain. Karena bisa jadi si pemilik website tidak ingin memberi tahu theme yang dipakai karena untuk menambah keamanan dari website.

Dan juga anda perlu mengingat bahwa tidak semua website menggunakan wordpress, bisa jadi website tersebut menggunakan cms lain selain wordpress atau bahkan tidak menggunakan cms sama sekali atau melakukan koding sendiri.

Jadi cara-cara yang kami sebutkan diatas tidak akan berhasil. Jika memang seperti itu anda perlu mengetahui teknologi yang dipakai pada website tersebut. Setelah itu tinggal mencari tahu cara pembuatan theme nya.

Nah sekarang udah tahukan bagaimana cara check wordpress theme dengan mudah. Jadi sudah tidak penasaran lagi kan ketika ada website yang mempunyai tampilan bagus tapi tidak tahu namanya.

Kamu ingin tahu tips dan trik menarik lainnya seputar dunia digital? Cek artikel lainnya di website ini ya dan ada juga loh tentang digital marketing untuk Anda! Tentunya hanya di Khairadigital.

Leave a Comment