Inilah Cara Jualan di Marketplace Facebook

Menjual barang secara online saat ini tren nya meningkat. Apalagi sejak adanya pandemi Covid 19 yang menjadikan berbagai aktifitas bisnis dan aktifitas lainnya yang sifatnya tatap muka dibatasi oleh yang berwenang untuk menghindari penyebarannya. Salah satu tempat untuk berdagang secara online adalah Facebook dimana pada artikel kali ini KhairaDigital akan mengulas cara jualan di marketplace Facebook.

Di artikel sebelumnya telah di bahas mengenai Facebook marketing dimana halaman Facebook menjadi senjata utama untuk berjualan atau berbisnis. Namun marketplace Facebook adalah fitur yang berbeda dari Facebook yang bisa Anda manfaatkan untuk mengeruk laba secara online,

Apa itu Marketplace Facebook?

Cara Jualan di Marketplace Facebook
Facebook. Sumber Unsplash

Fitur marketplace diperkenalkan pertama kali pada tahun 2016 dan dengan cepat menjadi platform populer untuk menjual barang kepada pembeli lokal. Facebook Marketplace meskipun baru pertama kali dimunculkan namun lebih ramah pengguna untuk digunakan saat menjual produk dan jasa secara lokal.

Facebook saat ini menawarkan penjualan secara nasional untuk produk dalam kategori tertentu dan tentu hal ini memberikan keesempatan kepada pedagang untuk mendapatkan basis pelanggan yang jauh lebih besar dan tidak hanya dalam lingkup lokal saja.

Sehingga ketika di masa lalu marketplace Facebook hanya terkesan dengan aktifitas jual-beli barang bekas dengan platform marketplace lokalnya, namun saat ini berbagai produk barang baik baru maupun bekas bisa ditemukan dengan mudah di marketplace Facebook. Ditambah lagi adanya fitur iklan berbayar, tentu adiens yang di dapatkan lebih luas lagi.

Penjualan Lokal Marketplace Facebook

Facebook marketplace memang awalnya, dan sampai saat ini bermanfaat untuk pertumbuhan penjualan pada skala lokal. Aplikasi ini tersedia melalui aplikasi Facebook iOS dan Android, dan anda bisa mengkases melalui browser di desktop juga.

Penjual dapat dengan mudah membuat  daftar item yang akan dijual dengan foto dan deskripsi dan ditandai lokasi tertentu. Pengguna facebook dapat mencari item atau menelusuri berdasarkan lokasi dan kategori yang dipilih. Layanan ini tentu sangat mudah diguakan.

Marketplace Facebook akan bekerja dengan maksimal karena ia terintegrasi dengan grup jual beli di Facebook. Namun yang menjadi catatan adalah fitur ini tidak memiliki tambahan fitur pembayaran dan juga pengiriman. Jadi ketika kedua belah pihak sudah sepakat, yakni penjual dan pembeli maka pembayaran dan juga pengiriman diatur sendiri oleh kedua belah pihak.

Memposting barang untuk dijual di grup lokal langkahnya sangat mudah. Cukup posting langsung di halaman grup Anda dan unggah foto produk yang Anda jual. Sebagian besar grup yang dijual hanya memiliki formulir ‘untuk dijual’ yang sangat sederhana. Anda tinggal memasukkan item, harga, kategori, dan foto.

Sertakan sebanyak mungkin poin penting tentang barang tersebut pada deskripsi produk. Bisa berupa ukuran, dimensi, dan juga cacat barang. Semakin detail Anda memberikan keterangan maka semakin sedikit orang yang menanyakan kondisi barang yang Anda jual dimana pertanyaan seperti itu kadang tidak diperlukan.

Anda bisa memberikan harga yang pas atau bisa dinego. Hal lainnya adalah Anda bisa menambahkan nomor telepon yang bisa dihubungi. Jika Anda tidak menginginkan nomor telepon Anda diketahui oleh orang lain, Anda bisa menggantinya dengan jalur komunikasi melalui pesan chat facebook atau facebook mail.

Cara Jualan di Marketplace facebook

Ada beberapa tips penjualan dan langkah yang bisa dilakukan ketika Anda memulai menjual produk atau barang bekas di marketplace Facebook. Inilah ulasan lengkapnya.

Langkah Menambahkan Produk di Marketplace Facebook

  • Klik ikon Marketplace, lalu pilih jual barang.
Cara Jualan di Marketplace Facebook
Buka tab marketplace. Sumber Khairadigital.com
  • Anda kemudian diarahkan untuk halaman panduan apakah Anda akan menjual barang, kendaraan, menyewakan atau membuka lowongan pekerjaan. Pilih jual.
Pilih jenis tawaran. Sumber Khairadigital.com
  • Masukkan judul item, deskripsi, dan harga. Seperti saat menjual melalui grup, sertakan semua detail yang relevan untuk menarik minat pembeli. Kemudian tetapkan harga yang diminta.
Cara Jualan di Marketplace Facebook
Isi detail. Sumber Khairadigital.com
  • Konfirmasikan lokasi Anda.
  • Pada langkah terakhir, Anda juga dapat memilih untuk memposting ke grup jual beli tertentu tempat Anda menjadi anggota pada saat yang sama saat Anda mendaftar di Marketplace, jika Anda ingin memaksimalkan visibilitas item Anda.
Cara Jualan di Marketplace Facebook
Tampilan iklan. Sumber Khairadigital.com
  • Semua item untuk dijual Anda akan disimpan di penawaran Anda, termasuk semua penawaran dan pesan yang Anda terima dari pembeli yang tertarik.

Tips Memberikan Harga

  Ada beberapa tips untuk menentukan harga jual produk Anda. Terkadang untuk menentukan harga jual produk bekas akan mengalami kesulitan. Inilah beberapa tipsnya :

  • Harga yang wajar. Anda bisa melakukan riset dengan mencari harga jual barang serupa dengan yang Anda jual di marketplace facebook atau di luar Facebook. Dengan mengetahui rentang harga jualnya, Anda akan mengetahui harga wajar dari barang yang Anda jual.
  • Berikan harga dengan jelas. Ada beberapa penjual yang memberikan keterangan harga dengan tidak jelas. Memberikan keterangan di deskripsi dengan mengatakan bahwa untuk mengetahui harganya bisa inbox terlebih dahulu. Hal ini akan tidak disukai oleh pembeli.
  • Berikan harga lebih tinggi dari yang Anda inginkan. Jika ada pembeli melakukan penawaran atas harga yang Anda tentukan, maka Anda bisa memberikan harga yang lebih rendah. Namun jika ada yang tidak menawar, itu adalah keberuntungan bagi Anda.
  • Cantumkan beberapa barang secara gratis pada saat yang bersamaan. Hal ini dapat menggoda pembeli untuk melihat barang Anda yang lain. Cukup masukkan “gratis” pada form harga dan unggah jualan Anda pada saat yang sama dengan barang Anda yang lain.

Tips Memasang Gambar

Gambar yang layak adalah yang terpenting. Karena itu karena calon pembeli di Facebook belum pernah melihat gambar produk atau barang Anda secara langsung, maka tampilkan gambar produk yang Anda jual dengan gambar terbaik. Inilah tipsnya !

  • Gunakan kamera yang bagus. Bisa menggunakan kamera figital resolusi tingi atau kamera smartphone yang berkualitas.
  • Sebaiknya Anda memberikan gambar yang pengambilannya di latar belakang warna putih.
  • Buat gambar dari sudut pengambilan yang berbeda-beda. Dari depan samping aas dan juga pengambilan dari sudut yang menampilkan gambar tiga dimensi.

Tips Membuat Kesepakatan

Ini bukan menakut-nakuti, namun banyak terjadi kasus penipuan, perampasan dan ekjahatan lainnya ketika terjadi transaksi di jual-beli online dengan sistem ketemuan di tempat tertentu antara pembeli dan penjual. Jika terjadi kesepakatan, perhatikan hal berikut !

Cara Jualan di Marketplace Facebook
Tampilan iklan Marketplace Facebook. Sumber Khairadigital.com
  • Cermati profil Facebook orang yang menerima kesepakaan dengan Anda. Pastikan ia memiliki track record yang baik. Cermati pula track record yang bersangkutan di grup jual beli lainnya.
  • Jika bertemu, pastikan Anda bertemu di tempat yang ramai, sehingga kecil kemungkinan terjadi perampasan barang, pemerasan dan kejahatan lainnya. Tempat teraman adalah di rumah, baik dirumah pembeli atau penjual.
  • Lakukan pertemuan dengan membawa teman. Jangan lakukan sendiri.
  • Ada uang ada barang. Artinya pastikan pembeli membeli barang Anda dengancash sesuai kesepakatan.

Penutup

Dari uraian di atas, cara jualan di markeplace Facebook ternyata berbeda dengan di marketplace konvensional lainnya. Facebook yang merupakan platform media sosial memiliki keterbatasan dalam pengelolaan pembayaran dan juga pengiriman ketika terjadi kesepakatan antara penjual dan pembeli di marketplacenya. Karena itu ada trik khusus yang harus dilakukan.

Karena saat ini perdagangan melalui marketplace yang berbasis sosial media mulai marak, maka untuk kemudahan pengelolaan akun media sosial dibutuhkan jasa admin media sosial. Untuk hal ini, kami dari KhairaDigital siap membantu bisnis Anda untuk penyediaan admin sosmed. Segera hubungi kami !

Leave a Comment