Bagaimana Desain Website Bisa Bekerja Pada Website Anda?

Selain hosting dan domain, dalam membangun website juga diperlukan sisi seni yang berkaitan dengan tata letak berbagai konten dan fitur yang ada di dalam website. Seni tata letak dan fitur tersebut tercakup dalam desain website.

Akan tetapi pada perkembangannya, desain website juga mempertimbangkan kemudahan atau keefektifan dari fungsi fitur yang kemudian dikenal dengan istilah desain UX. Bahkan masing-masing berdiri sendiri sebagai cabang desain tersendiri namun keduanya memiliki keterkaitan. UX berkaitan dengan kemudahan dalam menggunakan website, UI berkaitan dengan estetika website.

Apa Itu Desain Website?

Desain Website
Seperti apa desain website? Sumber Pexels

Desain website merupakan desain yang mengacu pada tampilan situs website yang nantinya digunakan oleh pengguna di internet. Desain website selain memfokuskan pada estetika juga mengejar fungsional fitur pada website yang nantinya mudah dalam penggunaannya baik oleh orang awam sekalipun.

Mengerjakan desain meliputi pemilihan warna, pemilihan font, penggunaan grafis dan sebagainya yang selain memiliki nilai estetika juga menjadikan navigasi website menjadi mudah. Saat ini desain website tidak hanya terbatas pada tampilan layar komputer saja. Keberadaan smartphone dan juga tablet dengan ukuran layar yang bervariasi memunculkan teknik desain yang menyesuaikan diri dengan perangkat tersebut.

Perlukah Jasa Desain Website?

Apakah membangun website perlu menggunakan jasa desain website? Apakah jasa desain website akan menyebabkan biaya pembuatan website menjadi membengkak? Dalam membangun website setidaknya Anda harus berhubungan dengan pihak berikut ini :

  • Penyedia layanan domain dan hosting. Anda di haruskan membeli paket hosting untuk menyimpan konten Anda dan juga domain untuk identitas website Anda.
  • Layanan desain. Setelah Anda membeli domain dan paket hosting, Anda perlu melakukan desain. Desain website menentukan bentuk website yang nantinya Anda miliki. Karena itu, layanan desain website terpisah dengan layanan domain dan hosting.
  • Jasa SEO. Jika website Anda akan di optimasi dan tampil di halaman hasil pencarian teratas utuk query pencarian tertentu, maka Anda perlu menyediakan jasa SEO untuk optimasi website Anda. Layanan dan biaya ini terpisah dari biaya pembuatan website, meskipun penyedia layanan pembuatan website terkadang menyediakan jasa SEO.

Karena website saat ini di akses dengan berbagai macam perangkat, maka Anda perlu membangun website dengan desain yang adaptif dan responsif. Desain responsif memungkinkan website Anda bisa di tampilkan dengan baik di berbagai perangkat.

Karena itu, Anda memerlukan jasa desain website yang profesional sehingga website yang Anda bangun akan benar-benar sesuai dengan keadaan sekarang dimana berbagai perangkat memungkinkan untuk digunakan mengakses website. Hal ini berkaitan dengan keberlangsungan website dengan keberadaan pengunjungnya.

Adakah Desain Website Gratis?

Desain Website
Desainer website diperlukan dalam membangun website. Sumber Pexels @michael-burrows

Ketika meambangun website, desain adalah hal yang penting dan tentu saja menimbulkan biaya, baik biaya jasa maupun biaya pembelian template premium. Lalu apakah ada layanan desain website gratis yang bisa digunakan?

Dalam membangun website di masa sekarang, Anda bisa menggunakan berbagai platform pembuat website. Yang paling umum adalah menggunakan CMS seperti WordPress. Dengan menggunakan WordPress, Anda bisa memaksimalkan desain dengan template yang ada atau membeli template premium.

Menggunakan CMS meskipun memudahkan dalam melakukan desain, namun ada yang lebih mudah lagi dalam membangun desain. Anda bisa menggunakan website builder, karena menggunakan website builder aktifitas membuat desain website bisa menjadi sangat mudah. Anda tinggal melakukan drag and drop dalam menata elemen halaman website.

Dengan menggunakan website builder seperti Wix, Weebly, Webnode dan sejenisnya, praktis Anda tidak membutuhkan keberadaan jasa desain website. Bahkan bisa dibilang Anda mendapatkan desain website gratis dengan desain yang sudah di buat secara profesional dan menerapannya mudah. Platform ini akan membantu bagi Anda yang baru pertama kali berhubungan dengan pengelolaan website.

Namun layanan ini sebenarnya tidak sepenuhnya gratis. Anda tetap akan di kenakan biaya tahunan untuk layanan tersebut. Ada beragam paket layanan yang bisa Anda gunakan ketika menggunakan website builder. Degan harga yang tinggi, tentu Anda akan mendapatkan fitur yang lebih lengkap dan desain website yang lebih bagus.

Desain Website Sederhana untuk Pemula

Untuk menghemat pengeluaran dalam pembuatan desain website, Anda bisa menerapkan desain website sederhana, terutama bagi Anda yang pemula dalam membangun website. WordPress secara bawaan memiliki template dasar yang bisa Anda modifikasi agar tetap memiliki tampilan bagus dan fitu ini gratis di gunakan.

Segi positifnya adalah website yang memiliki tampilan sederhana atau simpel, biasanya akan melalui proses pemuatan webiste yang lebih ringan. Jika website Anda mampu memuat konten home page secara keseluruhan dengan lebih cepat, maka ini akan berdampak pada SEO website Anda. Google saat ini mempertimbangkan waktu pemuatan website dalam pemeringkatan website di SERP.

Yang menjadi catatan disini adalah, desain website sederhana atau simpel bukan berarti desain website yang ‘apa adanya’. Namun desain website simpel juga perlu mempertimbangkan sisi estetika, sehingga secara tampilan desain tersebut menarik perhatian. Anda hanya perlu menghilangkan bagian yang dirasa tidak perlu untuk tampilan simpel.

Sedangkan kombinasi dari warna, grafis, teks dan elemen yang ada di dalam website ketika di terapkan dengan tepat maka akan membentuk estetika tampilan website yang menawan. Inilah perpaduan yang bagus dari sebuah website, tampilan yang menarik namun tetap ringan dalam pemuatan.

Desain Website Terbaik? Ini Tipsnya!

Banyak di luar sana terdapat website yang memiliki tampilan memikat namun waktu pemuatan yang di perlukan relatif singkat. Selain perkara pemilihan tamplate, waktu pemuatan sebuah website juga di pengaruhi oleh jaringan internet yang di pakai, scrip yang ada pada website, kualitas layanan server yang di pakai dan masih banyak lagi.

Namun untuk membuat desain website yang optimal Anda hanya perlu mempertimbangkan hal berikut ini.

1. Pastikan beranda tetap bersih

Tampilan homepage yang simpel menjadi kunci kelancaran waktu pemuatan. Karena itu, pastikan Anda tidak terlalu banyak memberikan elemen yang tidak perlu pada halaman beranda. Ini akan memperpanjang waktu pemuatan. Pastikan tampilan beranda website Anda bersih, namun secara estetika tetap menarik.

2. Penggunaan hierarki visual yang tepat

Sebuah website tentu di bangun oleh bagian-bagian yang satu dan lainnya saling berhubungan. Namun untuk menarik perhatian dari mata pengguna, diperlukan sebuah hierarku visua; da;am membangun setiap elemen dari halaman website. Hierarki visual memberikan fokus untuk menonjolkan bagian elemen halaman website. Ini akan bermanfaat untuk memandu pengguna agar ia bisa digiring untuk memperhatikan elemen tertentu pada sebuah halaman website.

3. Konten situs mudah dibaca

Keterbacaan konten di dalam situs website sangat berpengaruh dengan besarnya kehadiran pengunjung website. Konten yang menarik belum tentu akan menarik perhatian pembaca jika teks yang di hadirkan terlalu kecil, kurang kontras, atau mungkin kombinasi yang ada pada teks dan background bisa melelahkan mata. Pastikan konten Anda mudah di baca oleh pengguna.

4. Situs mudah dinavigasi

Situs yang mudah dinavigasi akan memberikan pengalaman pengguna yang menyenangkan. Desain UX website sangat berbeda dengan desain UI. Bahkan dalam kasus tertentu, seperti perancangan aplikasi, dalam membangun desain UX diperlukan riset yang mendalam terhadap kecenderungan pengguna dalam menggunakan aplikasi tersebut. Yang paling umum di dalam website untuk mengukur kinerja UX adalah navigasi.

5. Mobile friendly

Desain Website
Smartphone menjadi alat yang digunakan oleh sebagian besar pengguna dalam mengakses website> Sumber Pexels

Tidak diragukan lagi bahwa website sekarang harus menyesuaikan dengan perangkat yang digunakan oleh pengguna. Karena itu diperlukan desain yang responsif atau mobile friendly ketika membangun website. Jangan sampai pengguna dengan segera meninggalkan website Anda karena menemukan website Anda tidak kompatibel tampilannya dengan perangkat yang digunakan.

Penutup

Dengan membangun desain yang tepat, Anda akan terbantu dalam banyak hal untuk website Anda. Pengguna tidak akan jemu berlama-lama di halaman website Anda untuk mencerna konten yang ada. Disisi lain, Google akan memberikan peringkat SEO yang bagus jika website Anda responsif, ringan dan memiliki struktur website yang kuat.

Untuk pembuatan website profesional, Anda bisa menggunakan jasa pembuatan website dari KhairaDigital. Segera bangun istana bisnis Anda di dunia maya dan dapatkan konversi dengan mengoptimalkan website Anda menggunakan SEO!

Tinggalkan komentar