6 Aplikasi Tanya Dokter Online Terbaik, Ini Rekomendasinya!

Kemajuan teknologi informasi sangat bermanfaat untuk berbagai bidang. Salah satunya adalah kesehatan. Selain penggunaan aplikasi klinik yang memudahkan dalam pendataan dan manajemen pasien, aplikasi tanya dokter online juga mulai bermunculan. Aplikasi ini menjadi salah satu solusi dalam pelayanan kesehatan alternatif selain klinik atau rumah sakit.

Anda akan mudah mendapatkan penawaran konsultasi dokter online dengan mudah, baik dengan keanggotaan premium atau bahkan gratis ketika penyedia layanan baru meluncurkan promo. Dari berbagai penyedia aplikasi layanan tanya dokter online tersebut mana yang terbaik?

Artikel ini akan memberikan gambaran kepada Anda mengenai aplikasi terbaik untuk pelayanan tanya dokter online. Karena itu, pastikan Anda membaca artikel ini sampai selesai.

Tanya Dokter Online
Aplikasi kesehatan. Sumber HealthCareIntellegence

Layanan Aplikasi Tanya Dokter Online

Sebenarnya setiap penyedia layanan akan memiliki keunggulan masing-masing. Namun ada beberapa aplikasi layanan tanya dokter online terbaik yang bisa Anda gunakan. Inilah diantaranya !

1. Halodoc

Tanya Dokter Online

Dengan demikian Anda hanya perlu menunggu obat pesanan Anda datang diantar sampai rumah. Aplikasi ini menyediakan dokter yang berpengalaman dan tentu saja bersertifikat dari Ikatan Dokter Indonesia. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan layanan pengujian laboratorium.

Halodoc adalah salah satu penyedia layanan tanya dokter online berbasis aplikasi yang bisa Anda dapatkan baik melalui platform smartphone Android ataupun Apple. Kemudahan lain yang bisa Anda dapatkan adalah Anda bisa mendapatkan resep dokter, dan kemudian bisa langsung memesan obat di aplikasi.

2. Alodokter

Tanya Dokter Online

Dengan menggunakan aplikasi Alodokter, Anda bisa mendapatkan layanan tanya jawab dokter selama 24 jam. Dokter yang tersedia tentu saja dokter yang telah berpengalaman. Selain itu, Anda bisa mempelajari banyak hal tentang kesehatan di artikel website Alodokter. Jika solusi tidak Anda dapatkan di artikel, Anda bisa menggunakan aplikasi untuk bertanya.

3. SehatQ

Tanya Dokter Online

Selain memberikan layanan tanya jawab atau konsultasi seputar kesehatan, aplikasi SehatQ juga memberikan informasi pusat layanan kesehatan terdekat. Ketika Anda mengetikkan kata dokter gigi Jogja, maka aplikasi akan merekomendasikan klinik gigi terdekat di Jogja.

Keunggulan lainnya adalah Anda bisa mendapatkan informasi database penyakit beserta obatnya di aplikasi ini. Fitur terbaik dari aplikasi yakni Chat Dokter dan Booking Dokter menjadi fitur unggulan pada aplikasi ini.

4. KlikDokter

Tanya Dokter Online

Mungkin layanan ini adalah layanan tertua dalam hal tanya dokter online. Diketahui KlikDokter telah ada sejak 2008 namun masih menggunakan platform website dalam pelayanannya. Seiring perkembangan teknologi informasi, KlikDokter mulai mengembangkan aplikasi yang memudahkan pengguna dalam memperoleh layanan konsultasi kesehatan dalam 24 jam.

5. SehatPedia

Tanya Dokter Online

Ini adalah layanan gratis yang dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Dengan cukup melakukan registrasi ke aplikasi, Anda bisa melakukan konsultasi kepada dokter, baik dokter umum maupun spesialis. Dalam berkonsultasi kepada tenaga medis tersebut, Anda bisa melakukan percakapan langsung maupun menggunakan live chat.

6. YesDok

aplikasi tanya dokter online

Berbeda dengan aplikasi lainnya, aplikasi YesDok menyediakan layanan video call langsung kepada dokter yang bersangkutan dan tersedia 24 jam. YesDok menyediakan dokter yang tergabung dalam Konsili Kedokteran Indonesia. Aplikasi ini memberikan kemudahan dan kecepatan dalam pelayanan konsultasi masalah kesehatan.

Keunggulan Menggunakan Aplikasi Tanya Dokter Online

Mengapa layanan konsultasi kesehatan daring dipilih oleh sebagian masyarakat dalam mencari informasi atau menanyakan solusi mengenai masalah kesehatan yang ada? Setidaknya inilah beberapa keunggulan menggunakan aplikasi tanya dokter online :

Cocok di Masa Pandemi

Ketika pandemi Covid 19 melanda di berbagai belahan dunia, keberadaan layanan konsultasi kesehatan secara online menjadi sangat dibutuhkan. Hal ini terkait pembatasan yang dilakukan oleh pihak berwenang dalam rangka menekan persebaran wabah penyakit Corona. Namun meskipun pandemi telah berakhir, layanan ini tetap berjalan dan orang telah nyaman menggunakannya.

Lebih Praktis

Dengan menggunakan layanan tanya jawab dokter online berbasis aplikasi, maka Anda hanya perlu membutuhkan smartphone yang support dengan aplikasi, koneksi internet dan juga mendaftar akun untuk bisa login ke aplikasi. Cara ini tentu lebih praktis daripada Anda harus datang sendiri ke klinik atau rumah sakit.

Tidak Ada Waktu Tunggu Antrian

Kelebihan lainnya adalah, Anda tidak perlu mendaftar dan antri bersama dengan pasien lainnya. Dengan menggunakan aplikasi, Anda hanya perlu menanyakan melalui fitur chat yang ada pada aplikasi dan kemudian menunggu jawaban dari dokter yang bersangkutan. Jika Anda menginginkan layanan yang lebih, Anda bisa menggunakan layanan lain seperti resep, obat dan sebagainya.

Tidak Dibatasi Waktu dan Tempat

Karena menggunakan aplikasi mobile, maka Anda bisa menggunakan layanan tersebut kapan saja dan dimana saja. Anda hanya perlu memastikan ketersediaan koneksi internet yang lancar untuk menggunakan layanan aplikasi tanya dokter online. Dengan demikian, siapa saja selama memiliki perangkat dan koneksi internet, maka bisa menggunakan layanan.

Bisa Dikostumisasi

Sebagian layanan tanya dokter online yang berbasis aplikasi menyediakan berbagai fitur yang berbeda tergantung dengan kebutuhan pasien atau penggunanya. Anda bisa memilih dokter spesialis yang Anda butuhkan, dan bahkan Anda lebih fokus dalam mencari solusi atas permasalahan kesehatan yang Anda alami.

Layanan Berbasis Aplikasi, Penting untuk Bisnis Anda!

Saat ini dunia teknologi informasi berkembang dengan pesat. Jika Anda memiliki bisnis dalam bidang apapun, termasuk kesehatan, jika tidak segera menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi, maka segera akan tergerus. Anda perlu menyesuaikan dengan tren yang sedang berjalan di masyarakat.

Aplikasi mobile. Sumber Unsplash

Penggunaan aplikasi untuk memberikan pelayanan adalah salah satu bentuk perkembangan yang bisa Anda lihat. Mulai dari toko online, transportasi, jasa ekspedisi, sampai penjualan kebutuhan dapur saat ini menggunakan aplikasi dalam menjalankan bisnisnya. Untuk bisnis layanan kesehatan, Anda bisa membangun aplikasi sesuai dengan kebutuhan.

Khaira Digital sebagai penyedia layanan pembuatan website, jasa seo dan digital marketing juga menyediakan jasa pembuatan aplikasi Android, IoS maupun Windows. Segera hubungi kami untuk konsultasi lebih lanjut.

Tinggalkan komentar