Aplikasi Sewa Mobil Online untuk Melejitkan Bisnis Anda

Dunia bisnis saat ini masuk pada era industri 4.0 dimana segala hal sudah dikendalikan oleh sistem digital yang menjadikan pekerjaan menjadi mudah. Selain perubahan terjadi pada perangkat keras, kemunculan perangkat lunak yang digunakan oleh pelaku bisnis hingga konsumen menjadi suatu keniscayaan. Salah satunya adalah keberadaan aplikasi sewa mobil online.

Anda bisa dengan mudah menemukan aplikasi tersebut baik melalui perangkat mobile atau website penyedia layanan sewa mobil. Biasanya jika bisnis layanan tersebut sudah besar, mereka akan memabangun aplikasi mobile untuk pelanggan guna memudahkan bisnis mereka. Jika Anda masih pemula, Anda bisa menerapkannya pada website Anda.

Seperti website Sewa Truk Box Kabultrans, melalui website tersebut Anda bisa memperkirakan biaya yang Anda butuhkan untuk persewaan mobil angkutan untuk jarak tertentu. Melalui aplikasi yang tertanam pada website itulah jenis kendaraan, jarak tempuh dan tarif bisa Anda sesuaikan.

Aplikasi Sewa Mobil Online
Website kabultrans. Sumber Screenshoot

Bisnis Sewa Mobil

Keberadaan pandemi ternyata menjadikan banyak bisnis yang kolaps, termasuk salah satunya adalah bisnis sewa mobil. Namun seolah tidak ada matinya, seiring menurunnya kasus covid dan pembatasan sosial mulai ditiadakan, maka bisnis sewa mobil mulai bangkit kembali.

Peluang bisnis sewa mobil

Bisnis sewa mobil merupakan salah satu bisnis yang memiliki peluang bagus. Meskipun saat ini bisnis sewa mobil memiliki pesaing dari bisnis taksi online, namun seolah kedua bisnis tersebut memiliki pasar tersendiri sehingga tidak ada persaingan dari kedua bisnis tersebut.

Untuk perjalanan jarak pendek memang menggunakan taksi online bisa menjadi solusi, namun untuk perjalanan jarak jauh, dan membutuhkan waktu seharian, maka jasa sewa mobil dengan tarif harian bisa digunakan karena jika menggunakan taksi online maka tarifnya akan sangat mahal. Jadi masing masing bisnis memiliki pasar tersendiri.

Dengan demikian, bisnis sewa mobil masih memiliki peluang besar. Hal ini didukung oleh keberadaan sistem transportasi di Indonesia yang bisa dikatakan belum ideal. Maka masyarakat akan lebih suka menyewa kendaraan daripada menggunakan transportasi umum jarak jauh.

Bisnis sewa mobil online berbasis aplikasi

Saat ini untuk bisnis transportasi seperti ojek motor maupun taksi telah merambah ke bisnis yang berbasis aplikasi. Dengan langkah ini pelanggan dapat dengan mudah dijangkau oleh para driver melalui aplikasi yang mereka gunakan. Inilah yang menjadikan bisnis start up transportasi seperti GoJek, Grab dan Maxim memiliki kemampuan bertahan.

Seperti halnya bisnis transportasi, business sewa mobil juga mulai menggunakan aplikasi untuk kemudahan dalam menjangkau konsumen. Cara akan memudahkan konsumen mencari informasi harga, jenis kendaraan yang akan digunakan dan pos atau lokasi penyedia jasa sewa mobil.

Aplikasi Sewa Mobil Online Terbaik

Ada beberapa aplikasi sewa mobil lepas kunci maupun sewa termasuk sopirnya yang bisa Anda gunakan ketika bepergian. Seperti yang telah diulas sebelumnya bahwa aplikasi memudahkan pelanggan menemukan apa yang mereka butuhkan. Inilah aplikasi sewa mobil terbaik yang sering digunakan oleh pengguna.

Moovit

Aplikasi Sewa Mobil Online
Aplikasi Moovit. Sumber Google Play

Aplikasi ini merupakan media yang mempertemukan antara pemilik mobil yang akan disewakan dengan penyewa. Sebagaimana sistem sewa mobil lainnya, Anda bisa menyewa kendaraan dengan termasuk sopirnya atau bisa tanpa menggunakan sopir. Untuk memberikan kenyamanan kepada pelanggan Movit juga menyediakan asuransi.

Selain itu dengan aplikasi ini Anda bisa menggunakan kendaraan dengan jenis apapun yang Anda inginkan. Fitur lain yang penting adalah, Anda bisa melakukan penyewaan kendaraan jemputan bandara. Anda bisa menyewa ketika menuju bandara atau dari bandara. Namun fitur ini baru ada pada bandara besar saja.

Grab

Aplikasi Sewa Mobil Online
Aplikasi Grab. Sumber Google Play

Selain sebagai aplikasi transportasi online, Grab juga menyediakan persewaan kendaraan roda empat. Anda bisa menggunakan fitur Rent Grab Car untuk menyewa kendaraan. Syarat bisa menyewa kendaraan Grab adalah Anda harus memiliki saldo top up minimal 70 ribu dan bisa mengemudikan mobil jika Anda menyewa tanpa sopir.

Tarif sewa ditentukan oleh durasi waktu yang akan Anda butuhkan. Harga sewa disini termasuk bahan bakar kendaraan dan tidak termasuk biaya tol, akomodasi, parkir kendaraan dan biaya tiket masuk suatu tempat seperti tempat wisata.

Traveloka

Aplikasi Sewa Mobil Online
Aplikasi Traveloka

Salah satu aplikasi yang sering digunakan untuk menyewa mobil adalah Traveloka. Sebenarnya aplikasi ini dikenal sebagai aplikasi yang digunakan untuk keperluan pemesanan tiket perjalanan, pemesanan hotel dan sejenisnya. Namun saat ini aplikasi Traveloka menambahkan fitur persewaan mobil untuk penggunaanya.

Keunggulan aplikasi ini adalah, Anda bisa menggunakannya untuk memesan hotel. Selain itu Anda bisa membayarnya menggunakan cicilan kartu kredit. Untuk tarif sewanya Anda bisa sekaligus memasukkan semua biaya termasuk biaya tol dan akomodasi sopir jika Anda menggunakan layanan untuk keperluan perjalanan luar kota.

DoCar

Aplikasi Sewa Mobil Online
Aplikasi DoCar

Aplikasi ini berbeda dengan aplikasi sewa mobil online lainnya. Anda bisa mendapatkan harga sewa mobil termurah di halaman depan aplikasi. Selain itu spesifikasi kendaraan yang akan Anda sewa akan jelas seperti warna, transmisi, tahun pembuatan dan foto kendaraan. Setelah Anda membayar sewa Anda akan mendapatkan informasi nomor plat kendaraan.

Aplikasi ini baru ada di 14 kota besar Indonesia. Dengan menggunakan aplikasi ini Anda bisa menyewa berbagai jenis kendaraan mulai dari mobil mewah, bus dan mobil standar lainnya. Durasi persewaan kendaraan adalah 8, 12 dan 24 jam.

Manfaat Penggunaan Aplikasi Sewa Mobil Online

Menggunakan aplikasi untuk bisnis sewa mobil ternyata memiliki banyak keunggulan dibandingkan dengan sewa mobil konvensional. Inilah beberapa keunggulan menggunakan aplikasi sewa mobil online.

Pelanggan mendapatkan informasi valid

Dengan menggunakan aplikasi sewa mobil online, pelanggan akan mendapatkan informasi valid mengenai hal yang dibutuhkan. Informasi yang dibutuhkan biasanya seperti spesifikasi kendaraan, ketersediaan kendaraan, tarif sewa, dan sebagainya. Informasi tersebut tentunya menghindari waktu tanya jawab antara perusahaan dengan pelanggan, sehingga interaksi berjalan lebih efektif.

Memudahkan pelanggan

Penggunaan aplikasi memudahkan pelanggan dalam banyak hal seperti menemukan harga yang tepat, pemesanan yang tepat waktu, bahkan sampai pembayaran jasa sewa. Apalagi dengan kemunculan berbagai cara pembayaran secara digital, maka hal tersebut bisa di integrasikan dengan aplikasi sewa mobil online untuk memudahkan transaksi.

Pelanggan terdata dengan baik

Aplikasi Sewa Mobil Online
Pembayaran online. Sumber Unsplash.com @markuswinkler.

Adanya proses pendaftaran sebelum menggunakan aplikasi memudahkan Anda untuk mendata pelanggan yang menggunakan jasa Anda. Mereka ketika melakukan registrasi pengguna tentu memasukkan data diri mereka. Minimal Anda akan memperoleh email atau nomor ponsel pelanggan. Dengan cara ini Anda bisa memberikan penawaran langsung ke aplikasi perpesanan mereka.

Bisa diakses oleh siapapun

Siapapun dan dimanapun pelanggan Anda, selama mereka menggunakan smartphone dan menginstal aplikasi sewa mobil online dari Anda, mereka bisa menggunakan jasa Anda. Cara inilah yang memungkinkan Anda mendapatkan pelanggan dari segmen mana saja dan menjadikan Anda memiliki ceruk pasar yang lebih luas.

Penutup

Membangun bisnis saat ini dengan pendekatan teknologi digital adalah suatu kebutuhan pasar. Persaingan yang ketat dan tuntutan konsumen seolah memaksa semua pelaku bisnis untuk menjadikan bisnis mereka merambah dunia digital.

Penggunaan perangkat lunak bisnis Anda pada smartphone menjadi salah satu cara yang tepat untuk penyesuaian diri dari bisnis Anda di era digital. Jika Anda tertarik, Anda bisa membangun aplikasi untuk bisnis Anda sekarang dengan mempercayakan pembuatannya pada penyedia jasa pembuatan aplikasi android dari Khaira Digital.

Tinggalkan komentar