Pentingnya Aplikasi Klinik untuk Upaya Digitalisasi Layanan Kesehatan

Membangun bisnis layanan kesehatan, tentu membutuhkan manajemen yang handal. Hal ini dikarenakan kesehatan berkaitan dengan nyawa manusia. Dengan pengorganisasian yang tepat, semua unit akan bergerak cepat dan layanan bisa dilakukan dengan baik. Salah satu pendukung yang menjadikan pelayanan lebih cepat adalah keberadaan aplikasi klinik untuk pelayanan pasien.

Dengan penanganan yang cepat, karena faktor pendukung yang ideal dan bekerja dengan baik, maka akan ada banyak nyawa yang bisa terselamatkan. Karena itulah teknologi informasi sangat penting dalam menunjang sektor kesehatan.

Aplikasi Klinik
Dengan menggunakan aplikasi, layanan ada dalam genggaman. Sumber Unsplash @mateusz-tworuszka.

Digitalisasi Layanan Kesehatan

Dunia digital tidak ubahnya seperti wabah, dimana Anda berada maka lambat laun akan terpapar juga. Namun tidak seperti wabah penyakit yang menyengsarakan, digitalisasi dalam berbagai sektor, termasuk kesehatan akan membawa dampak yang bermanfaat untuk manusia.

Digitalisasi layanan kesehatan senantiasa berkembang seiring dengan perkembangan teknologi. Perkembangan ini memberikan manfaat besar dari dunia kesehatan. Selain bermanfaat dalam dunia kedokteran seperti diagnosa penyakit menjadi lebih cepat, berbagai produk pendukung layanan kesehatan memberikan pengaruh layanan kesehatan yang lebih baik. Inilah diantaranya:

Pendataan Rekam Medis Digital

Rekam medis adalah catatan yang sangat penting dan rahasia bagi sebuah institusi layanan kesehatan seperti rumah sakit atau klinik. Berdasarkan catatan tersebut, dokter bisa melacak kondisi pasien sebelumnya, apakah memiliki kondisi tertentu sehingga dokter lebih mudah dalam melakukan diagnosa.

Karena catatan ini penting, maka data yang ada tentu harus disimpan dengan baik. Di masa lalu mungkin pencatatan dilakukan dengan menggunakan cara manual. Namun untuk saat ini pencatatan dilakukan secara digital yang tentu saja lebih memiliki banyak keunggulan dibanding catatan manual. Hal ini akan diulas dalam ulasan yang lebih detail di bawah.

Penggunaan Aplikasi untuk Mempermudah Pelayanan

Penggunaan aplikasi klinik untuk memberikan pelayanan yang lebih baik lagi tentu menjadi hal yang wajib dilakukan ketika sebuah unit layanan kesehatan seperti klinik telah melakukan pendataan rekam medis secara digital.

Setidaknya Anda akan menemukan dua jenis aplikasi klinik atau rumah sakit yang ada di layanan kesehatan.

Aplikasi Klinik Berbasis Web

Aplikasi ini mudah dioperasikan di berbagai device karena Anda hanya memerlukan smartphone yang telah terinstal peramban. Jadi Anda tidak perlu menginstal aplikasi lain lagi. Akan tetapi penggunaan aplikasi ini hanya akan memberikan layanan informasi yang terbatas kepada pasien.

Selain itu, data login Anda terkadang tidak tersimpan di peramban. Sehingga ketika Anda mau menggunakan aplikasi tersebut harus membuka peramban dan menuliskan alamat website untuk kemudian melakukan login dengan username dan password.

Aplikasi Klinik Mobile

Aplikasi yang berbasis mobile app membutuhkan penginstalan di perangkat yang digunakan. Karena itu, aplikasi ini cocok untuk Anda yang sering menggunakan fasilitas kesehatan secara berkala. Biasanya aplikasi ini menyediakan informasi lengkap dan memiliki fitur yang lebih lengkap dibandingkan dengan aplikasi berbasis website.

Selain itu, untuk waktu pembuatannya, menggunakan aplikasi yang di instal di dalam perangkat tentu waktu muatnya lebih pendek. Secara pengalaman pengguna penggunaan aplikasi berbasis mobile app lebih nyaman jika dibandingkan dengan aplikasi web.

Data Terintegrasi

Ketika pendataan data rekam medis digital sudah dilakukan, dan setiap aplikasi telah diinstal di perangkat masing-masing pasien, maka data bisa diintegrasikan dengan data dan layanan lain yang masih berkaitan. Dengan demikian data satu dan yang lain akan sinkron dan memunculkan layanan kesehatan dari hulu sampai hilir yang lengkap dan integral.

Data dan layanan yang bisa diintegrasikan seperti data obat yang diperlukan pada apotek klinik, makanan yang cocok untuk pasien pada unit layanan gizi, bahkan sampai pada besar tagihan yang dibebankan pada aplikasi kartu kredit yang dimiliki pasien saat opname.

Keunggulan Layanan Kesehatan Berbasis Aplikasi

Ada banyak keuntungan ketika suatu unit pelayanan kesehatan menggunakan aplikasi dalam memberikan pelayanan kepada pasiennya. Inilah diantaranya :

1. Pendaftaran Bisa Online

Aplikasi Klinik
Kesehatan adalah kebutuhan dasar. Karena itu penting untuk memberikan pelayaan dengan baik dan cepat. Sumbe Unsplash @julia-zyablova

Saat ini beberapa rumah sakit dan klinik yang Anda temukan tentu memiliki layanan pendaftaran jarak jauh, entah itu menggunakan aplikasi atau tidak. Biasanya ketika pendaftaran tidak melalui aplikasi, maka pendaftaran menggunakan fasilitas perpesanan seperti WhatsApp atau SMS.

Jika pendaftaran menggunakan aplikasi, maka proses pendaftaran akan lebih mudah lagi, dan tidak akan ada tanya jawab antara operator pendaftaran dan pasien. Anda tinggal memasukkan identitas Anda, dokter atau poli yang akan dituju dan waktu periksa yang akan Anda inginkan. Cara ini tentu menjadikan pendaftaran lebih praktis.

2. Antrian Lebih Rapi

Hal yang paling menyebalkan ketika berurusan dengan unit pelayanan adalah adanya antrian. Dengan menggunakan aplikasi yang canggih, Anda bisa meminimalisir hal ini. Sistem dari pengolahan data aplikasilah yang akan bekerja untuk mengatur antrian dari pasien yang mendaftar di klinik Anda.

Untuk aplikasi yang lebih canggih lagi, pasien bisa mengetahui kapan ia akan datang sehingga sebelum dokter memanggil nomor antriannya, pasien akan mendapatkan notifikasi melalui aplikasi. Dengan demikian ketika pasien datang ia tidak mendapatkan antrian dengan masa tunggu yang lama.

3. Menjangkau Konsumen Lebih Luas

Aplikasi akan memudahkan Anda menjangkau konsumen Anda. Dalam dunia bisnis kesehatan tentunya yang menjadi konsumen adalah pasien. Mengingat saat ini seolah tidak ada keluarga yang tidak memiliki smartphone, maka bisa dipastikan setiap keluarga yang ada di daerah Anda berpeluang untuk menginstal aplikasi klinik yang Anda buat.

Permasalahan selanjutnya adalah bagaimana unit layanan kesehatan yang Anda kelola mampu menarik banyak konsumen di sekitarnya. Ini berkaitan dengan promosi, kualitas layanan, kelengkapan layanan dan sebagainya.

4. Memudahkan Pendataan

Pendataan apapun dalam kesehatan, terutama rekam medis dari pasien adalah aset yang sangat berharga dari suatu unit layanan kesehatan seperti rumah sakit atau klinik. Dengan memiliki data tersebut, Anda bisa melakukan riset dan mengetahui karakter pasien seperti apa yang datang ke klinik Anda.

Selain itu, secara demografis, Anda bisa mengetahui data pasien dengan lengkap. Ini sangat bermanfaat untuk pengembangan unit layanan kesehatan, metode pendekatan yang dilakukan kepada masyarakat dalam rangka marketing dan mungkin potensi kerjasama dengan lembaga asuransi.

Misalnya sebuah klinik gigi di Palembang telah mendata siapa saja pasien yang telah masuk dengan data yang lengkap. Berdasarkan data tersebut, sebenarnya klinik tersebut bisa mengetahui gambaran masyarakat Palembang. Apakah mereka layak untuk disasar sebagai konsumen behel gigi yang harganya mahal atau hanya sekedar pasien sakit gigi biasa.

5. Konsultasi Online

Aplikasi Klinik
Layanan konsultasi menjadi nilai plus dari unit pelayanan kesehatan. Sumber Pexels @skhraba

Dengan menggunakan aplikasi, Anda bisa membuka layanan konsultasi online, baik itu konsultasi pasien awal, konsultasi obat atau konsultasi makanan sehat. Namun ketika Anda menggunakan layanan tersebut Anda perlu menyediakan pihak yang menjawab pertanyaan dari pengguna aplikasi. Karena itulah jarang unit layanan kesehatan yang membuka fitur tersebut.

Namun Anda bisa membuka keanggotaan premium dan menarik biaya keanggotaan bulanan atau tahunan sehingga Anda memiliki dana untuk mengembangkan fitur konsultasi kesehatan secara online.

Kesimpulan

Menggunakan aplikasi dalam pelayanan kesehatan memang mempermudah pekerjaan. Namun Anda perlu menginvestasikan sejumlah dana yang cukup besar di awal. Akan tetapi investasi digital meskipun tidak terlihat secara kasat mata, namun penting untuk dimiliki oleh bisnis modern.

Untuk pembuatan aplikasi profesional, Anda bisa mempercayakan kepada jasa aplikasi dari Khaira Digital. Kami menyediakan layanan jasa pembuatan aplikasi Android, Ios maupun yang bisa dijalankan melalui platform OS komputer seperti Windows. Kami tunggu kedatangan Anda!

Tinggalkan komentar