10 Aplikasi Booking Penginapan; Travellers Wajib Tau

Mungkin hampir setiap traveler sudah tidak asing lagi dengan namanya kegiatan reservasi penginapan. Pada awalnya melakukan booking tempat penginapan dilakukan secara langsung ke resepsionis tempat dimana kita menginap. Namun, dengan perkembangan teknologi saat ini membuat kegiatan reservasi menjadi lebih mudah dan menghemat waktu melalui aplikasi booking penginapan.

Kenapa dikatakan dapat mempermudah dan menghemat waktu, karena jika anda sedang mencari penginapan saat ini dapat dilakukan secara online tanpa harus resepsionisnya langsung. Adapun wujud pemanfaatan melalui internetnya yaitu dengan menggunakan beberapa aplikasi booking penginapan online yang banyak tersedia di play store.

Melihat Lokasi yang Diutuju Dengan Lokasi Hotel Terdekat, Sumber: Unsplash
Melihat Lokasi yang Diutuju Dengan Lokasi Hotel Terdekat, Sumber: Unsplash

Bagi anda tentu terkadang kebingungan bukan, mengenai aplikasi apa yang bagus dan perlu digunakan saat ingin melakukan reservasi penginapan. Bisa membaca artikel yang akan kami jelaskan berikut ini.

Manfaat Aplikasi Booking Penginapan

Mungkin sebagian besar masyarakat masih banyak yang meremehkan atau menyepelekan kegiatan reservasi penginapan secara online. Namun kenyataannya aplikasi booking online ini memiliki banyak manfaat lho, berikut ini beberapa manfaat atau keuntungan yang dapat diperoleh:

1. Menghemat Waktu dan Tenaga

Seperti kita ketahui, reservasi atau booking penginapan secara online untuk sistemnya hampir sama dengan aplikasi sewa mobil yang banyak digunakan sekarang. Dimana dengan aplikasi tersebut kita dapat memilih berbagai macam penginapan yang tersedia hanya dengan menggunakan satu jari.

Dengan hal ini maka sudahlah tentu akan menghemat banyak waktu dan tenaga karena kita tidak perlu lagi menanyakan satu persatu resepsionis di setiap hotel yang dituju.

2. Meminimalisir Resiko Kehabisan Kamar

Selanjutnya dengan reservasi atau booking penginapan melalui aplikasi akan meminimalisir resiko kehabisan kamar. Kita tahu saat melakukan reservasi awal melalui aplikasi, pastinya telah diminta untuk mengisi identitas lengkap.

Hal inilah yang membuat anda sebagai customer memiliki perjanjian atau ikatan dengan pihak manajemen hotel setelah melakukan pemesanan lebih mudah cukup dengan membaca informasi dan peranjian melalui aplikasi.

3. Aplikasi Booking Penginapan Menyediakan Banak Promo Menarik

Selanjutnya karena banyaknya aplikasi yang tersedia untuk melakukan booking penginapan online di tambah lagi melakukan bisnis pasca pandemi sangatlah kurang menguntungkan, maka banyak tempat penginapan yang bersaing untuk menarik minat customer salah satu caranya dengan menyediakan promo-promo menarik.

Banyak Promo Menarik yang Ditawarkan, Sumber: Unsplash
Aplikasi Booking Penginapan Menawarkan Banyak Promo Menarik, Sumber: Unsplash

4. Dapat Mengetahui Review Tamu Sebelumnya

Terakhir dengan melakukan booking online melalui aplikasi maka anda dapat mengetahui ulasan-ulasan yang diberikan oleh tamu yang menginap sebelumnya dan hal ini dapat menjadi pertimbangan sebelum anda melakukan reservasi.

Daftar Aplikasi Booking Penginapan

Ada beberapa aplikasi booking penginapan yang banyak diminati oleh masyarakat saat ini, beberapa aplikasi tersebut adalah sebagai berikut:

1. Booking.com

Booking.com merupakan aplikasi booking penginapan online pertama di dunia dan berdiri sejak 1996 di Amsterdam. Dari perusahaan startup kecil, saat ini brand tersebut telah menjadi salah satu perusahaan perjalanan digital terbesar.

2. Traveloka

Traveloka merupakan aplikasi booking online yang didirikan pertama kali pada tahun 2012 oleh Ferry Unardi dan teman-temannya. Selain penginapan, di aplikasi ini juga menyediakan berbagai layanan transportasi seperti kereta api, pesawat udara, sewa mobil, hingga aktivitas wisata.

3. Pegi-pegi

Pegipegi merupakan aplikasi booking online yang mulai didirikan dan beroperasi pada tahun 2012. Mirip dengan beberapa aplikasi booking online lainnya, Pegipegi ternyata juga menawarkan layanan pemesanan tiket pesawat, kereta api, hotel, bus, dan travel secara online.

4. Tiket.com

Tiket.com merupakan aplikasi booking yang mulai beroperasi dan melayani pelanggan sejak tahun 2012. Aplikasi ini merupakan salah satu yang paling banyak diminati dari sekian banyak aplikasi booking dan bahkan pernah masuk dalam majalah forbes di tahun 2018.

Pemesanan Tiket Mudik Melalui Tiket.com, Sumber: Tiket.com
Pemesanan Tiket Hotel Saat Mudik Bisa Melalui Tiket.com, Sumber: Tiket.com

5. Trivago

Trivago juga merupakan aplikasi booking online yang pertama kali didirikan dan beroperasi pada tahun 2005 di Jerman. Trivago adalah aplikasi booking online yang bisa membandingkan harga hotel dari beberapa situs sekaligus. Dengan cara ini, konsumen diharapkan bisa mendapat harga pemesanan hotel yang paling bersaing.

6. Agoda

Agoda merupakan salah satu aplikasi booking online yang didirikan pada tahun 2005 dan perusahaan ini mendapat predikat rekor perkembangan tercepat di Asia. Pelayanan yang disediakan aplikasi ini cukup lengkap dan banyak digunakan untuk perjalanan luar negri.

7. Airbnb

Airbnb merupakan salah satu aplikasi booking online yang berdiri sejak tahun 2008 dan awal perintisannya mulai dari apartemen, vila, sampai kastil kecil. Kelebihan dari aplikasi ini sendiri yaitu memiliki cara pemesanan yang mudah, praktis dan cepat, sehingga penginap tidak akan kesulitan saat ingin menggunakan layanannya.

8. Bobobox

Bobobox merupakan salah satu aplikasi booking online yang berdiri sejak tahun 2017 di kota Bandung. Yang unik dari aplikasi ini adalah telah tersedianya tempat penginapan berupa hotel kapsul dengan biaya terjangkau.

9. Tripadvisor

Tripadvisor merupakan salah satu aplikasi booking online yang berdiri sejak tahun 2000 di Needham Amerika serikat. Tripadvisor adalah aplikasi booking penginapan yang juga menyediakan panduan wisata perjalanan ke berbagai belahan dunia.

10. RedDoorz

RedDoorz merupakan salah satu aplikasi booking online yang berdiri dan beroperasi sejak tahun 2015. sampai saat ini perkembangan bisnis RedDoorz mulai memberikan hasil yang sangat baik dan positif. Hal ini terbukti dengan banyaknya aset yang tersebar di setiap kota yang ada di Indonesia.

Itulah beberapa informasi mengenai aplikasi booking penginapan online yang dapat anda gunakan. Semoga dapat memberikan tambahan wawasan bagi anda. Khususnya dalam mempermudah proses pemesanan akomodasi yang cocok dengan keperluan dan dompet. Mulai dari fasilitas seperti springbed sampai dengan ketentuan-ketentuan selama menginap. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar