Mengenal Apa Itu Google Ads dan Cara Kerjanya

Saat teknologi informasi berkembang seiring dengan semakin banyaknya perangkat keras yang di produksi. Dalam perkembangan ini, dunia seolah tidak bisa lepas oleh raksasa penghimpun informasi yakni Google. Salah satu produk Google yang akan di bahas pada artikel kali ini adalah mengenai apa itu Google Ads dan cara kerjanya.

Sebenarnya banyak sekali produk dari platform Google yang bisa anda temukan di dunia maya. Namun untuk hasil pencarian di mesin pencari atau SERP, produk yang paling menonjol dari Google adalah YouTube, Map dan iklan Google atau biasa disebut dengan Google Ads.

Anda bisa mencoba dengan mengetikkan kata kunci hotel terbaik Jakarta, maka akan bermunculan di SERP mulai dari YouTube, Maps dan iklan Google. Atau paling tidak anda akan mendapatkan Maps dan Iklan Google.

Apa Itu Google Ads
Iklan digital seperti Google Ads makin diminati. Sumber Unsplash

Apa itu Google Ads ?

Apa itu Google Ads ? Secara sederhana Google Ads mmerupakan jasa iklan Google. Google menawarkan iklan berbayar yang muncul di hasil penelusuran atau SERP di google.com dengan menggunakan Google Ads atau iklan yang muncul di situs web lain melalui jaringan display dan program Google  AdSense.

Pada halaman hasil pencarian akan di dapati dua hasil yang masing-masing menempati porsi dan posisinya, yakni hasil pencarian organik dan juga hasil pencarian berbayar. Dari hasil pencarian tersebut maka website, blog, halaman atau apapun yang anda iklankan secara berbayar di Google akan tampil.

Selain itu Google juga menawarkan iklan bergambar di kumpulan situs web pihak ketiga yang telah bermitra dengan Google dan setuju untuk menayangkan iklan Google. Inilah yang di sebut jaringan display. Iklan Google di Jaringan Display dapat berupa format teks, gambar atau iklan banner, video, atau multimedia, dan dapat ditargetkan secara berbeda.

Kemunculan Iklan Google Ads

Bagaimana iklan melalui Google Ads memungkinkan iklan muncul di lokasi yang tepat dengan audiens yang potensial ? Cara kerjanya adalah pengiklan memilih daftar kata kunci yang akan ditargetkan yang relevan dengan penawaran bisnis mereka, kata yang kemungkinan besar akan digunakan orang-orang saat menelusuri produk di mesin pencarian.

Pengiklan kemudian menawar pada kata kunci tersebut, tawaran tersebut didasarkan pada seberapa besar pengguna yang akan mengeklik iklan tersebut. Tawaran ini, dikombinasikan dengan Skor Kualitas yang ditetapkan oleh Google berdasarkan kualitas iklan yang anda usulkan, artinya iklan yang menempati posisi atas adalah iklan yang berkualitas terbaik. Ketika pengguna mengklik iklan, pengiklan membayar biaya tertentu (biaya per klik).

Untuk harga, Google Ads bekerja pada sistem lelang, yang berlangsung setiap kali pengguna melakukan penelusuran kata kunci. Untuk memenangkan lelang Google Ads dan melihat iklan Google anda muncul untuk kata kunci yang relevan, anda harus mengoptimalkan  Skor Kualitas dan jumlah tawaran anda. Semakin tinggi Skor Kualitas pada iklan anda , semakin besar jumlah tawaran anda, maka semakin baik pula posisi iklan anda.

Kualitas Iklan Google Ads

Karena kualitas iklan menentukan posisi iklan, selain tawaran harga, maka iklan yang di tawarkan tentu harus berkualitas agar memiliki posisi yang ideal.

Apa Itu Google Ads
Mesin pencari Google untuk mencari iklan. Sumber Unsplash

Faktor Penentu Kualitas Iklan

Google dalam menentukan kualitas iklan yang di tawarkan oleh pengiklan tentu tidak sembarangan. Ada banyak faktor yang menetukan skor kualitas iklan. Inilah beberapa faktor yang mempengaruhi skor kualitas mutu iklan disampung harus memenuhi unsur-unsur iklan secara umum :

  • Relevansi  iklan Google dengan permintaan pencarian
  • Relevansi  dari kata kunci Google dengan grup iklan
  • Relevansi  iklan dengan halaman arahan
  • Rasio klik-tayang historis  iklan dan grup iklannya
  • Performa akun historis secara keseluruhan

Keunggulan Iklan Berkualitas

Ada beberapa keuntungan yang bisa anda dapatkan ketika menggunakan iklan Google Ads yang di desain dengan kualitas baik. Inilah diantaranya.

Biaya lebih rendah

Google memberi penghargaan kepada pengiklan dengan Angka Mutu tinggi dengan menurunkan biaya per klik mereka, hal ini dalam rangka membantu meningkatkan ROI. Daripada meningkatkan nilai penawaran untuk iklan yang anda ajukan, maka lebih baik memperbaiki kontan iklan.

Eksposur lebih tinggi

Bila anda memiliki Skor Kualitas tinggi, iklan anda akan ditampilkan lebih sering, pada posisi yang lebih baik di SERP. Jika iklan anda menempati posisi yang ideal maka memungkinkan iklan yang anda pasang untuk mendapatkan lebih banyak klik dan konversi  tanpa  harus menaikkan tawaran Anda.

Keuntungan Iklan di Google Ads

Ada banyak sekali manfaat besar ketika anda memasang iklan berkualitas di Google Ads. Berikut ini beberapa di antaranya.

1. Jangkauan luas

Google sejak keberadaannya yang tidak lepas dari smartphone merambah hampir di seluruh dunia. Artinya jika anda beriklan menggunakan media Google Ads tentu kesempatan untuk mencapai jangkauan yang lebih luas menjadi lebih mudah. Meskipun saat ini anda hanya melakukan optimasi dan iklan untuk tahap lokal, namun di masa depan bisa jadi anda memerlukan periklanan jangkauan internaasional, dan Google Ads mampu melakukannya.

2. Kemampuan penargetan

Dengan menggunakan Google Ads maka audiens yang akan anda sasar akan tepat. Seperti yang sudah di pahami bahwa iklan di Google Ads bersandar pada kata kunci yang anda sasar. Artinya ketika seseorang mencari informasi yang berkaitan dengan kata kunci yang anda targetkan maka audiens yang anda dapatkan akan tepat. Atau paling tidak audiens akan mendapatkan informasi bisnis anda pada niche market yang mereka cari.

Hal yang lebih spesifik lagi adalah anda menemukan audiens yang berkeinginan. Artinya iklan di Google Ads akan ditemukan oleh orang-orang yang memang benar-benar membutuhkan jasa atau produk anda. Ketika anda menjual krim zaitun, tentu yang akan mengunjungi halaman anda adalah orang yang benar-benar membutuhkan krim zaitun dan yang mengetahui kegunaannya.

Berbeda dengan iklan di media sosial. Belum tentu target audiens yang melihat iklan anda membutuhkan apa yang anda tawarkan pada iklan.

3. Kendali penuh atas iklan

Anda memiliki kendali penuh atas iklan anda. Kapan anda ingin beriklan kapan anda akan berhenti. Selain itu keuntungan menggunakan Iklan dari Google Ads adalah dapat membatasi anggaran harian, tawaran maksimum, dan lainnya. Dengan begitu, anda dapat yakin bahwa meskipun anda tidak memantau akun, anda tidak akan pernah membelanjakan lebih dari yang anda inginkan.

Anda juga dapat memutuskan berapa banyak yang ingin anda belanjakan setiap bulan dan menyesuaikan anggaran berdasarkan grafik kinerja. Ketika sebuah iklan berkinerja sangat baik, anda dapat meningkatkan pengeluaran iklan untuk meningkatkan hasil yang diinginkan.

4. Format laporan mudah

Google membuat berbagai laporan mudah dimengerti. Anda bisa mengetahui berbagai daftar atau laporan mengenai informasi dasar seperti klik, tayangan, anggaran kata kunci, dll., Atau bahkan lebih terperinci dengan integrasi Google Analytics. Dengan ini anda dapat melihat dengan tepat bagaimana pengunjung berperilaku di situs web anda – hingga apa yang mereka klik, ke mana mereka pergi selanjutnya, dan berapa lama mereka menghabiskan waktu di sana.

5. Proses lebih cepat

Optimisasi mesin pencari masih menjadi andalan dari situs yang paling banyak dikunjungi. Posting dan halaman yang anda lihat di halaman pertama tidak hanya ditulis dengan baik dengan kata kunci yang diteliti dengan cermat; mereka juga berada di situs yang mengumpulkan banyak backlink dari waktu ke waktu dan membutuhkan waktu yang lama.

Namun, saat anda menggunakan Google Ads, anda akan dengan mudah menyamai posisi website yang menggunakan metode organik. Selain itu proses untuk mencapai posisi halaman pertama akan menjadi lebih cepat dibandingkan dengan langkah organik yang membutuhkan waktu lama.

6. Kampanye branding

Iklan melalui Google Ads bisa menjadi alat yang hebat untuk membangun kesadaran merek. Iklan tidak hanya terpaku pada konversi dari klik yang mengarah pada tombol CTA, namun dalam jangka panjang lebih dari itu. Anda bisa menghemat biaya iklan dengan biaya penayangan perseribu. Metode tarif ini sangat cocok untuk kampanye brand bisnis anda.

Dengan iklan ini anda bisa memperkuat nama merek, identitas anda, reputasi, dll., Semuanya diperlukan untuk membangun kepercayaan dengan pengunjung anda. Semakin anda mengulangi iklan secara konsisten, semakin kuat merek anda, dan semakin banyak kepercayaan yang anda peroleh dengan prospek. Dan kepercayaan inilah yang pada akhirnya akan membuat anda mendapatkan pembelian dan pelanggan setia.

Penutup

Dunia digital marketing memang saling mengejar diantara para pelakunya. Mereka berebut pelanggan dengan kreatifitas masing-masing. Google telah memberikan fasilitas kepada para pengguna, baik pengiklan maupun pencari informasi produk atau jasa untuk menggunakan mesin telusur dengan bijak. Tentu hal ini menjadi kesempatan yang bagus bagi pengiklan.

Apa Itu Google Ads
Dapatkan lebih banyak konversi dengan iklan Google. Sumber Pexels

Dengan menggunakan dua pendekatan yakni iklan berbayar dan juga optimasi SEO secara organk maka anda akan memperoleh dua kekuatan sekaligus. Sehingga jika website anda berhenti dalam iklan berbayar di Google Ads pun merek yang anda perdagangkan sudah memiliki popularitas di mesin pencari dan juga pengguna.

Demikian ulasan mengenai apa itu Google Ads dan bagaimana cara kerjanya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda. Jangan lewatkan informasi menarik lainnya hanya di website ini. Terima kasih.

Leave a Comment