Memahami Apa Itu Endorsement

Industri hiburan mungkin saaat ini bergeser secara signifikan. Saat ini televisi mulai ditinggalkan, masyarakat mulai mencari hiburan diluar televisi seperti via YouTube, TikTok, game online atau platform lainnya. Begitu juga dengan artis dan publik figur lainnya. Mereka mencari uang dengan endorse suatu produk. Apa itu endorsement ?

Endorse atau endorsement secara gampang di pahami oleh khalayak umum adalah penggunaan artis untuk memasarkan produk, namun sebenarnya pengertian tersebut masih umum. Pada artikel kali ini kami akan mengupas dengan jelas apa itu endorsement.

Apa itu Endorsement

Apa Itu Endorsement
Merek Nike menggunakan endorse atlit. Sumber Unsplash

Endorsement adalah bagian besar dari metode pemasaran atau digital marketing. Konon 28% dari anggaran pemasaran Nike yang sangat besar dialokasikan untuk para atlet agar mendapatkan dukungan mereka. Anda akan menemukan banyak sekali wajah-wajah terkenal dari artis, influencer atau publik figur dalam suatu iklan baik di akun media sosial penjual atau akun artis itu sendiri.

Sejalan dengan tren masyarakat yang mulai meninggalkan televisi, para artis pun berpindah haluan dalam mencari rejeki. Seperti misalnya artis Raffi Ahmad. Ia akan menerima bayaran setidaknya 100 jutaan untuk endorse sebuah produk. Ini menciptakan suatu bisnis baru yang jika dijumlahkan nominalnya dengan rupiah tidak kalah besar dengan industri pertelevisian.

Endorse berasal dari kata endorsement yang artinya adalah sebuah tindakan mendukung atau men-support terhadap sesuatu, dan biasanya hal ini berupa produk. Endorse ini tak lain dan tidak bukan adalah salah satu bentuk promosi yang dilakukan merk yang dijual secara online untuk mendapatkan konsumen baru.

Pemasaran Endorsement

Manusia adalah makhluk sosial. Mereka akan melihat apa yang dilakukan orang-orang di sekitarnya untuk mendapatkan petunjuk tentang apa yang harus dilakukan dan mana yang harus dipilih. Karena itu biasanya mereka akan memberi perhatian khusus pada orang-orang yang dianggap ahli atau memiliki pengaruh.

Karena itu tidak mengherankan jika penggunaan endorsement menjadi sangat berguna saat memasarkan produk. Orang-orang akan mencari teman, ahli, dan orang-orang yang berpengaruh dalam hal produk apa yang mereka pilih untuk dibeli. Endorsement adalah bukti sosial dari kegunaan sesuatu atau seseorang.

Perbedaan Endorsement dengan Rekomendasi

Apa Itu Endorsement
Endorsement menguntungkan kedua belah pihak. Sumber Usplash

Perbedaan antara endorsement dan rekomendasi pribadi sangat penting untuk diketahui karena keduanya sangat berbeda. Rekomendasi merupakan saran atau pendapat pribadi seseorang yang kemungkinan saran tersebut disampaikan secara pribadi karena suatu alasan. Ini lebih jujur daripada endorsement.

Endorsement atau dukungan seseorang atas sesuatu hal, dalam hal ini adalah produk selalu bersifat publik, artinya siapa pun dapat mengetahuinya dan bahkan harus diumumkan atau di publikasikan. Influencer atau publik figur yang di-endorse akan menyatakan di khalayak ramai bahwa produk yang ia tawarkan bagus.

Namun belum tentu jika secara pribadi influencer tersebut akan merekomendasikan produk yang ia tawarkan pada iklan endorsement. Orang-orang mempertimbangkan reputasi mereka saat membuat suatu rekomendasi terbuka pada sebuah produk.

Endorse Berbayar

Ketika menggunakan publlik figur untuk endorse produk, maka biasanya perusahaan akan membayar publik figur tersebut dengan sejumlah uang. Semakin terkenal publik figur yang di-endorse maka semakin mahal bayaran yang harus dipersiapkan oleh perusahaan yang menjual produk tersebut.

Namun adakalanya endorse tidak memerlukan bayaran, namun hanya layanan gratis, produk gratis atau hal lain yang nantinya diberikan oleh publik figur. Ini biasanya terjadi pada publik figur, saluran atau akun media sosial yang belum populer.

Endorse Selebriti

Sebagian besar produk yang dipasarkan melalui endorsement membayar jumlah uang yang banyak untuk meng-endorse selebriti papan atas. Apakah selebriti tersebut mengetahui bahwa apa yang mereka nanti akan iklankan adalah produk yang bagus. Belum tentu. Ini adalah masalah bayaran yang mereka terima ketika memberikan ulasan produk pada iklan.

Biasanya saat orang melihat bintang favoritnya mendukung suatu produk, mereka mungkin melihat produk yang tidak pernah mereka pertimbangkan sebelumnya. Namun karena produk tersebut diulas oleh artis favoritnya, mereka mulai penasaran dengan produk yang telah diulas. Disinilah titik konversi terjadi.

Mengapa Selebriti ?

Merek besar menggunakan dukungan selebriti karena keduanya mempromosikan produk mereka dan meningkatkan rasio konversi produk. Semakin banyak orang yang mengetahui tentang produk tersebut, dan orang-orang tersebut cenderung membeli ketika sesuatu didukung oleh seseorang yang mereka ikuti.

Endorsement oleh selebriti membuat produk lebih berkesan. Produk yang mudah dilupakan menjadi penting untuk menggunakan selebriti karena orang-orang akan selal tebayang wajah terkenal mereka. Otak kita disetel untuk memilih dan mengingat wajah orang dengan mudah.

Penggunaan selebriti juga dapat membuat produk yang tidak dikenal lebih mudah didekati dengan dukungan mereka. Anda tentu mengenali beberapa selebriti. Anda melihatnya di TV, membacanya di artikel, dan mengikuti mereka di media sosial. Frekuensi kontak itu membuat anda dan ornag-orang merasa akrab, meski belum pernah bertemu.

Seperti halnya merk Huawei yang mengandalkan endorse dari selebritas seperti Gal Gadot dan Henry Cavill di dunia barat. Huawei memiliki tantangan tersendiri di dunia barat mengingat namanya yang berbau Cina dan merk ini relatif baru bagi konsumen barat dibandingkan dengan produsen smartphone lain seperti Apple, Google, Samsung, dan Sony.

Apa Itu Endorsement
Platform INstagram akan ramai dengan iklan endorsement. Sumber Unsplash

Dengan menggunakan endorse selebriti papan atas maka segala pertanyaan dan keraguan yang selama ini muncul seperti ‘merk China ?’ atau ’bagaimana kualitasnya ?’ dan sebagainya akan hilang secara perlahan. Di masa lalu anda akan ditertawakan pengguna BlackBerry ketika menggunakan handphone China yang bentuknya mirip BlackBerry, namun saat ini mungkin yang dulu menertawakan anda menggunakan smartphone China.

Seperti itulah ulasan mengenaio apa itu endorsement dan bagaimana itu berjalan. Tren dalam pemasaran memang selalu berubah ubah dan berkembang mengikuti perkembangan jaman. Semoga artikel ini memberikan banyak manfaat untuk anda, dan jangan lupa untuk membagikan konten ini jika dirasa bermanfaat. Terima kasih.

Leave a Comment